Pemkot Surabaya Pastikan Bahan Disinfektan Aman bagi Manusia

Pemkot Surabaya Pastikan Bahan Disinfektan Aman bagi Manusia Petugas melakukan penyemprotan disinfektan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah (Pemkot) Kota memastikan kandungan yang digunakan dalam bahan penyemprotan disinfektan aman dan baik untuk lingkungan maupun manusia.

Kepala Bidang Peternakan dan Penyuluhan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota , Meita Irene Wowor mengatakan, kandungan Benzalkonium Chloride tersebut biasa digunakan dalam produk sehari-hari yang dipakai manusia.

"Bahan Benzalkonium Chloride ini umum digunakan sebagai bahan antiseptik dan disinfektan. Mulai obat tetes mata, sampo, dan hand sanitizer," kata Meita, Selasa (24/3).

Ia menjelaskan, kandungan Benzalkonium Chloride ini dapat berfungsi untuk membunuh jamur, virus, serta mikroorganisme yang lain. Bahan tersebut merupakan zat kimia yang berfungsi sebagai antiseptik jika digunakan dalam konsentrasi rendah. Tetapi juga dapat berfungsi sebagai disinfektan jika digunakan dalam konsentrasi tinggi.

"Kalau secara keamanan, baik untuk lingkungan ataupun manusia, yang punya kita (produksi mandiri) ini lebih ramah. Jadi, kita pastikan aman baik dari sisi konsentrasinya maupun bahannya," katanya.

Karena itu, pihaknya memastikan, jika bahan dasar penyemprotan disinfektan ini aman untuk manusia. Apalagi, isi kandungan dalam bahan tersebut merupakan salah satu bahan kimia yang digunakan sebagai antiseptik.

“Jadi kandungan isinya yang kita gunakan dalam penyemprotan merupakan bahan kimia yang biasa digunakan antiseptik, bukan antibiotik,” tegasnya.

Menurutnya, upaya penyemprotan disinfektan yang dilakukan Pemkot ini sebagai langkah preventif atau pencegahan terhadap penyebaran . Namun begitu, penyemprotan disinfektan bukanlah sebagai langkah pengobatan atau kuratif.

"Kita pastikan bahan penyemprotan ini aman, bahkan juga biasa digunakan sebagai bahan obat tetes mata," pungkasnya. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO