Kamis, 04 Juni 2020 11:39

Korban Kebakaran Pom Mini di Probolinggo Capai 52 Orang, 2 di antaranya Meninggal Dunia

Jumat, 20 Maret 2020 13:52 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Andi Sirajudin
Korban Kebakaran Pom Mini di Probolinggo Capai 52 Orang, 2 di antaranya Meninggal Dunia
Kepala Dinkes, dr. Anang didampingi Kadiskominfo dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Probolinggk saat menggelar Press Rilis terkait korban ledakan kebakaran

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Korban ledakan pom mini yang berada di Desa Sebaung, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo terus bertambah. Setelah sebelumnya diinformasikan mencapai 36 orang. Kini, terbaru korban mencapai 52 orang.

Selain itu, korban meninggal juga bertambah 1 orang, sehingga menjadi 2 orang. Warga meninggal yang diketahui bernama Saiful Rosi dan Alimudin.

Salah satunya diketahui meninggal di RSUD Waluyo Jati Kraksaan dari awal kejadian, dan satu lagi dikabarkan meninggal hari ini, Jum’at (20/3), di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang setelah sebelumnya dirujuk dari Rumah Sakit Wonolangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto di depan awak media saat rilis pers terkait report layanan fasilitas kesehatan di Kabupaten Probolinggo terkait penanganan korban kebakaran, Jum’at (20/3) pagi di ruang pertemuan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo.

Anang menjelaskan bahwa semua korban meninggal maupun yang dirawat dipastikan akibat luka bakar mulai level 0% – 90%.

Dari total 52 orang korban dalam tragedi tersebut, kata Anang, 8 orang di antaranya dilarikan ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan, di mana 1 orang meninggal dunia. Lainnya, 1 orang di Puskesmas Maron, 10 orang di Rumah Sakit Graha Sehat, di Puskesmas Gending sebanyak 18 orang, serta 1 orang RS Dharma Husada Probolinggo.

Selebihnya, 14 orang lainnya dirawat di Rumah Sakit Wonolangan, di mana 4 orang di antaranya harus dirujuk ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang karena kondisinya memburuk akibat luka bakar berat.

“Semua proses rujukan ini sebelumnya telah di-backup oleh tim 119 yang melibatkan ambulans Kabupaten Probolinggo dan Rumah Sakit Wonolangan. Arahan dan kebijakan Bupati Probolinggo, Hj. Tantriana Sari, bahwa semua biaya yang diakibatkan dari penanganan ini ditanggung oleh Pemkab Probolinggo,” jelasnya didampingi Kadiskominfo, Yulius Cristian dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Heri Mulyadi.

Lebih lanjut, Anang menerangkan atas kebijakan tersebut Pemkab Probolinggo sudah siap dan beberapa rumah sakit swasta juga mendukung kebijakan bupati tersebut.

Jika kemudian ada korban lain yang belum melapor dan tidak masuk data, ia mengimbau agar segera menyampaikan agar petugas segera memberikan pendampingan dan fasilitas pembiayaan.

“Untuk penanganan dan observasi di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, tim kita akan terus mendampingi dan mengawal. InsyaAllah pembiayaannya juga akan di-backup oleh Pemkab Probolinggo. Semoga tim medis Rumah Sakit Saiful Anwar bisa memberikan yang terbaik bagi warga kita yang sedang dirawat,” tegas dr. Anang. (ndi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...