Tahun Ini Pemkot Batu akan Ratakan Area Pasar Besar Batu dan Siapkan Relokasi

Tahun Ini Pemkot Batu akan Ratakan Area Pasar Besar Batu dan Siapkan Relokasi Bangunan pasar besar Kota Batu yang sudah berdiri sejak tahun 1987 ini akan segera diratakan dengan tanah.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Tekad untuk membangun Pasar Besar Batu (PBB) sudah bulat dan tidak bisa diganggu gugat. Bahkan, tahun ini menargetkan semua administrasi terkait rencana pembangunan Pasar Besar Batu senilai Rp 200 miliar lebih ini bisa rampung. Tidak hanya itu, tahun ini juga semua pedagang akan direlokasi dan area pasar akan diratakan.

"Kita diburu waktu, tahun ini semua administrasi, perataan area lokasi pasar, dan relokasi pedagang sudah harus selesai. Kalau tidak tahun ini sampai rata dan relokasi selesai, maka tahun depan kita tidak akan bisa membangun dan dana 200 miliar itu belum tentu kita dapat lagi," ujar Dewanti Rumpoko di sela-acara pembukaan Festival Anak Sholeh, Kamis (5/3) kemarin.

Ditegaskan Dewanti, pihaknya tidak ingin ada yang menghalangi pembangunan Pasar Besar Batu. Hal ini sebagai ketegasan agar pembangunan Pasar Besar Batu bisa dimulai tahun depan.

"Kalau ada yang menghalangi, maka seperti yang saya sampaikan. Saya bukan arogan, tetapi saya harus melakukan itu agar semua bisa membantu. Ketika saya lemah, nanti kemudian ada masukan lagi. Sementara kita diburu waktu. Tahun ini harus deal. Kalau tidak tahun ini sampai rata dan relokasi selesai, maka tahun depan kita tidak akan bisa membangun, dan dana bantuan 200 miliar itu belum tentu dapat lagi. Tidak gampang mendapatkan rezeki sebanyak itu dan belum tentu daerah lain diberi anggaran sebanyak itu. Makanya harus kita manfaatkan dengan baik," terang Dewanti.

Hingga saat ini, pedagang Pasar Besar Batu belum tahu di mana tempat relokasi para pedagang saat area pasar besar diratakan nantinya. Hal itu diakui Arif, salah seorang pengurus Himpunan Pedagang Pasar (HPP) pasar Batu.

Kendati demikian, pihaknya berharap, tempat relokasi pedagang tidak terlalu jauh dari lokasi pasar sebelumnya.

Sementara itu, Muhson, salah seorang pedagang rombeng di pasar besar Batu mengungkapkan dukungannya untuk pembangunan Pasar Besar Kota Batu. Menurutnya, Pasar Besar Batu memang sudah waktunya dibangun, mengingat bangunan itu sudah ada sejak tahun 1987 dan kondisinya sudah tidak layak untuk ukuran kota modern seperti Kota Batu yang maju pesat.

"Saya sangat mendukung Pasar Besar Batu dibangun. Yang saya tahu bangunan pasar sudah berdiri tahun 1987. Menurut saya sudah saatnya dibangun," ujar Muhson, Jumat (6/3). (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO