Rabu, 08 April 2020 03:32

Jika Pilbup Gresik 2020 Satu Pasangan, Maka Lawan Bumbung Kosong

Kamis, 27 Februari 2020 22:30 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Jika Pilbup Gresik 2020 Satu Pasangan, Maka Lawan Bumbung Kosong
Ketua KPU Gresik, Akhmad Roni ketika membuka rapat pemilihan umum serentak, tahun 2019 lalu. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - KPU Gresik telah mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan dalam pagelaran Pilbup Gresik yang digelar serentak bersama kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia pada 23 September mendatang.

Termasuk, jika dalam gelaran Pilbup Gresik nanti hanya muncul pasangan calon bupati - calon wakil bupati tunggal karena partai politik (parpol) sukses diborong pasangan tersebut.

"Kalau nanti hanya ada satu pasangan calon diusung parpol yang mendaftar, maka Pilbup tetap kami gelar," ujar Ketua KPU Gresik, Akhmad Roni kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (27/2).

"Lalu siapa lawannya? Itu pasti yang jadi pertanyaan. Lawannya ya bumbung kosong atau kotak kosong," imbuh Roni.

Menurut Roni, Pilkada dengan pasangan diusung parpol melawan bumbung kosong pernah terjadi pada Pilkada 2015 dan Pilkada serentak 2018.

Ia kemudian mencontohkan di Kabupaten Pacitan Jawa Timur, Tasikmalaya Jawa Barat, Kota Makassar Sulawesi Tengah (Sulteng), dan sejumlah daerah lain pada Pilkada serentak 2018. "Karena hingga penutupan pendaftaran tak ada calon lain yang mendaftar ya akhirnya pasangan calon yang ada melawan bumbung kosong," ungkapnya.

Menariknya, kata Roni, Pilkada di Kota Makassar dengan pasangan tunggal Munafri Arifuddin - Andi Rahmatika Dewi kalah dengan rivalnya bumbung kosong. "Ya akhirnya Pilkada di sana diputuskan diulang pada Pilkada serentak tahun 2020 (tahun ini). Untuk mengisi kekosangan pimpinan Kota Makassar ditunjuklah Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar hingga menghasilkan pemimpin baru pada Pilkada 2020," urainya.

"Sebetulnya, pada Pilkada serentak 2015, sesuai dengan UU Pilkada bahwa pasangan calon tak boleh melawan bumbung kosong atau Pilkada minimal diikuti oleh 2 kontestan. Namun faktanya waktu itu, ada sejumlah kabupaten/kota yang menggelar Pilkada hingga batas akhir pendaftaran KPU setempat masih mendapatkan pendaftar calon tunggal atau satu pasangan meski sudah diperpanjang," ungkapnya.

"Akhirnya, persoalan itu diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hasilnya, MK memperbolehkan pasangan tunggal melawan bumbung kosong. Masalahnya, ketika bumbung kosong yang menang, maka harapan masyarakat yang ingin mendapat pemimpin baru sesuai dengan harapan pada Pilkada tak terwujud," sambungnya.

Untuk itu, Roni berharap dalam kontestasi Pilbup Gresik 2020 nanti tak hanya muncul pasangan calon tunggal. "Sehingga, masyarakat punya pilihan, dan Pilkada berjalan demokratis, dan kondusif," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...