Peringati Hari Ibu, Pemkab Sidoarjo Serahkan Penghargaaan dan Bantuan

Peringati Hari Ibu, Pemkab Sidoarjo Serahkan Penghargaaan dan Bantuan Wabup saat memberiakn penghargaan. foto: Nanang Ichwan/Harian Bangsa

SIDOARJO (BangsaOnline) - Upacara peringatan Hari Ibu ke-86 Tahun 2014 di Kabupaten Sidoarjo, diikuti oleh seluruh unsur masyarakat yang berlangsung di Alon-alon Sidoarjo, Senin (22/12). Sekaligus upacara memperingati Hari Nusantara yang ke 14 dengan tema "Membangun Nusantara Dengan Inovasi Maritim Anak Bangsa" dan Hari Bela Negara tahun 2014. 

Dalam upacara tersebut, Wakil Bupati (wabup) H MG Hadi Sutjipto SH MM didaulat menjadi inspektur upacara yang dihari Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Sidoarjo seperti Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan, Kapolres Sidoarjo AKBP Anggoro Sukartono serta Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo H. Budi Susilo SH MH. Selain itu, hadir Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, Ny. Hj. Anik Saiful Ilah dan Ny. Hj. Nanik Hadi Sutjipto serta Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sidoarjo, Ny. Hj. Nun Vino Rudy Muntiawan dan para pejabat SKPD Sidoarjo dan sejumlah pejabat yang berada diwilayah Sidoarjo juga hadir dalam kesempatan itu.

Dalam sambutannya, Pak Cip-sapaan akrab Wabup H. MG Hadi Sutjipto SH,MM membacakan sambutan tertulis Bupati H.Saiful Ilah SH,M.Hum menyatakan, bahwa peranan yang paling penting dalam rangkaian kehidupan adalah bagaimana seorang ibu berperan dalam membina keluarganya. Keberhasilan ibu dalam membina rumah tangga adalah keberhasilan masyarakat dalam berbangsa, bernegara dan bertanah air.
"Kita harus posisikan peranan seorang ibu dengan baik dan terhormat. Karena, segala upaya dan usaha akan berhasil dan diridhoi Allah SWT bila kita menghormati seorang ibu," tandasnya.

Wabup mengatakan melalui tema peringatan Hari Ibu ke-86 Tahun 2014 yakni “Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki dalam Mewujudkan Pembangunan yang Berkelanjutan dan Berkeadilan Menuju Indonesia Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”, menggambarkan bahwa pemerintah akan selalu berupaya untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di setiap aspek pembangunan.

Pada kesempatan tersebut, menyerahkan penghargaan dan bantuan kepada pemenang lomba Evaluasi Kesatuan Gerak PKK KB-Kes dari TP-PKK Kabupaten Sidoarjo. Penyerahan pengahragaan dilakukan oleh Wabup H. MG Hadi Sutjipto kepada TP-PKK kecamatan. Juga diserahkan bantuan peralatan APE (Alat Peraga Edukatif) kepada kelompok BKB (Bina Keluarga Balita) di 18 kecamatan yang ada di Sidoarjo juga ikut diserahkan.

Penyerahan penghargaan lomba Adi Bhakti Mina Bahari Provinsi Jawa Timur kepada nelayan Sidoarjo juga ikut diserahkan Wabup H. MG Hadi Sutjipto . Nelayan dari Desa Balonggabus Kecamatan Candi, Kusmadi yang menjadi pemenang ke dua dalam kategori nelayan teladan pada lomba tingkat Provinsi Jatim tahun 2014 kali ini.

Selain itu, Pemkab Sidoarjo mendapatkan penghargaan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tanggal 18 Desember 2014 dalam puncak Hari Ibu di Jakarta untuk pembangunan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam kategori pratama yang mewakili Jawa Timur. Sedangkan, pada tahun 2004-2006, tiga kali berturut-turut mendapatkan penghargaan serupa kategori utama.(

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO