Kamis, 28 Mei 2020 05:50

Soal TV LCD RPP KPU Rusak, JTP 1 Tak Sepenuhnya Salahkan Pengunjung

Rabu, 12 Februari 2020 10:19 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Agus Salimullah
Soal TV LCD RPP KPU Rusak, JTP 1 Tak Sepenuhnya Salahkan Pengunjung
Bambang Priana, Manager Operasional JTP 1.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Rusaknya TV LCD Touchscreen merk Panasonic 55 inch yang merupakan fasilitas Rumah Pintar Pemilu (RPP) di area Jatim Park 1, Kota Batu, mendapat tanggapan Bambang Priana, Manager Operasional JTP 1 Kota Batu.

Bambang Priana menilai, kerusakan itu tidak sepenuhnya kesalahan pengunjung. Pihaknya berharap, persoalan itu bisa diselesaikan dengan baik-baik.

"Dalam kasus ini, kita tidak sepenuhnya menyalahkan pengunjung. Sebab, dengan beragamnya pengunjung di JTP 1, seharusnya pihak pengelola wahana yang harus melakukan tindakan preventif untuk membuat wahana yang tahan untuk dipergunakan orang banyak," ujar Bambang Priana kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (12/2).

Ia berharap, masalah ini bisa diselesaikan dengan baik-baik. Pihak JTP 1 yang diwakili oleh supervisor area tersebut sudah koordinasi dengan KPU Kota Batu bersama pihak tour travelnya.

Seperti diketahui, baru beroperasi 10 hari sejak diresmikan oleh Ketua KPU RI Arif Budiman tanggal 24 Januari 2020, TV LCD touchscreen merk Panasonic 55 inch yang dimiliki RPP sudah pecah. Itu diketahui pada Selasa (4/2) lalu oleh KPU Kota Batu. Ditengarai, pecahnya alat itu karena ditekan oleh salah satu pengunjung.

Menurut pengakuan Mardiono, S.H., Ketua KPU Kota Batu, kejadian itu berawal dari laporan salah satu anggota KPU Kota Batu dan berdasarkan rekaman CCTV yang didapat. Pelaku diketahui merupakan salah satu rombongan pengunjung dari sebuah sekolah di luar Provinsi Jatim yang berwisata di Jatim Park 1.

Atas kejadian tersebut, Mardiono mengaku telah melakukan rapat pleno di intern KPU. Menurutnya, ada dua langkah yang sudah jadi kesepakatan. Yakni KPU akan menempuh secara kekeluargaan dengan cara mengganti, atau menempuh jalur hukum.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Marlina S.P., M.Si, menambahkan, tujuan RPP ada di Jatim Park 1 yang melalui MoU selama 3 tahun tersebut, untuk sarana edukasi seputar informasi pemilu.

Saat Marlina disinggung besaran anggaran dari KPU RI pusat, ia menyebut sekitar Rp 400 juta. Meski begitu, anggaran tersebut tidak terserap semuanya. Anggaran yang terserap baru sekitar Rp 341 juta. (asa/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...