Rabu, 27 Mei 2020 13:29

​Perahu Pengungsi Rohingya Terbalik, 16 Tewas, Lusinan Hilang

Selasa, 11 Februari 2020 18:13 WIB
Editor: choirul
​Perahu Pengungsi Rohingya Terbalik, 16 Tewas, Lusinan Hilang
Perahu yang digunakan pengungsi. foto: theguardian

BANGSAONLINE.com – Perahu sarat pengungsi Rohingya menuju Malaysia, terbaik di Teluk Benggala, Bangladesh. Sedikitnya 16 tewas, dan lusinan lainnya masih dalam pencarian.

Setidaknya, dalam perahu kecil itu, ada sekitar 125 pengungsi Rohingya dari kamp-kamp Bangladesh yang ingin pergi ke Malaysia. Namun, tenggelam.

Penjaga pantai, penyelam angkatan laut, dan penyelamat lainnya telah dikerahkan untuk menyelamatkan. Ditemukan mayat 14 wanita, 1 anak dan 1 pria, di Pulau St Martin. Demikian disampaikan Noor Ahmed, pejabat di pulau itu, Selasa (11/2).

Noor Ahmed mengatakan 62 pengungsi selamat. “Mereka dibujuk oleh para pedagang untuk naik ke kapal saat sedang menuju Malaysia,” katanya.

Iqbal Hossain, inspektur polisi di Cox's Bazar, mengatakan penumpang melebihi kapasitas menyebabkan kapal terbalik. Ia memperkirakan pengungsi juga membawa kargo tambahan juga.

Hossain mengatakan, mayat-mayat itu dikirim ke pulau Shah Porir di dekatnya, dan operasi penyelamatan terus berlanjut. Dia tidak memberikan angka pasti tentang berapa banyak orang yang masih hilang.

Diketahui, lebih dari 700.000 Muslim Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh dari negara tetangga Myanmar. Mereka melarikan diri dari tindakan keras militer sejak Agustus 2017.

Myanmar telah lama mengklaim bahwa Rohingya adalah migran Bengali dari Bangladesh, meskipun keluarga mereka telah tinggal di negara itu selama beberapa generasi. Hampir semua telah ditolak kewarganegaraannya sejak 1982, secara efektif membuat mereka tanpa kewarganegaraan.

Sumber: theguardian
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...