Viral, Surat Suara di Taiwan Sudah Dicoblos Paslon Nomor Urut 3, KPU: Hoaks

Viral, Surat Suara di Taiwan Sudah Dicoblos Paslon Nomor Urut 3, KPU: Hoaks Tangkapan layar video surat suara di Taiwan yang tercoblos paslon Nomor Urut 3 dari akun Instagram @kabarnegeri

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Media sosial dihebohkan adanya surat suara di sudah dicoblos. Video yang diunggah oleh akun @kabarnegeri, Kamis (18/1/2024) itu, menimbulkan dugaan kecurangan.

Dalam video tersebut, surat suara di tampak sudah tercoblos foto calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar-Mahfud. Selain itu, pada DPR RI, juga tercoblos caleg PDI-P Once Mekel.

"Apa ada kecurangan, apa ada kekeliruan atau gak kesengajaan, dalam pemilihan Surat suara di . Tolong klasifikasinya soal ini! Di ada 300 ribu WNI, tapi banyak Yg tidak mendapatkan surat suaranya, ibarat hampir 90 persen yg tidak dapat dan salah satunya saya sendiri tidak dapat. Dan hari ini tadi teman saya dapat surat suara masih segelan sama seperti di vidio, tapi setelah dibuka eh sudah dicoblos," tulis unggahan itu.

Komisi Pemilihan Umum () selaku penyedia surat suara menanggapi video yang tengah menjadi perbincangan warganet.

Komisioner , Idham Kholik mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei, untuk memastikan dugaan surat suara yang sudah dicoblos itu.

“Ketua PPLN Taipei menegaskan bahwa video tersebut diduga kuat terkategori hoaks dan disinformasi," kata Idham, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/1/2024).

Ia menjelaskan, proses pengemasan surat suara pos yang dimasukkan ke dalam amplop itu, sudah sesuai standar prosedur operasional (SOP).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO