Keren, Arsitek RS Korona Wuhan Kelahiran Jember

Keren, Arsitek RS Korona Wuhan Kelahiran Jember

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kepiawaian pemerintah China dalam membangun rumah sakit khusus untuk pasien penyakit korona patut diacungi jempol. Pasalnya dalam kurun waktu kurang dari 10 hari, rumah sakit yang mampu menampung sekitar 1.000 penderita penyakit mematikan itu sudah berdiri.

Belakangan diketahui, arsitek yang mendirikan rumah sakit khusus pasien korona tersebut ternyata lahir dan pernah mengenyam pendidikan SD hingga SMP di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Adalah Hwang Sik Jiu sang arsitek. Ia lahir di Jember sekitar tahun 1941 dan dikenal cerdas serta santun oleh yang mengenalnya.

"Dulu memang dia (Hwang Sik Jiu) pernah sekolah di Jember, nama sekolahnya Chung Hua School, dan di sini dari SD hingga SMP," kata mantan guru sekolahnya Iwan Natawidjaja saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (8/2/2020).

Pria yang punya nama mandarin Chen Yong Yen itu menceritakan, saat pertama kali mengajar di sekolah tersebut, dirinya baru masuk sekitar tahun 1959. "Saya mengajar olahraga dari TK, SD dulu SR, sampai SMP. Tapi si insinyur ini (Hwang Sik Jiu) saat itu sudah lulus, dan melanjutkan pendidikannya di Surabaya. Karena di Jember tidak ada," ungkapnya.

Iwan juga menjelaskan, Hwang Sik Jiu diketahui sudah berangkat ke Tiongkok (China) sekitar 1958 untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. "Hingga sekarang tinggal di sana," katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO