Data Terkini BPBD Blitar: Total Rumah Diterjang Angin Kencang Jadi 66

Data Terkini BPBD Blitar: Total Rumah Diterjang Angin Kencang Jadi 66 Petugas BPBD Blitar melakukan pengecekan sejumlah rumah yang ambruk akibat angin kencang.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sehari pasca amukan angin kencang di Blitar Selatan, petugas gabungan mulai melakukan kerja bakti pembersihan rumah terdampak. Data terakhir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, saat ini ada 66 bangunan yang dilaporkan mengalami kerusakan. 66 rumah itu berada di dua kecamatan.

Selain di Desa Lorejo, Kecamatan Bakung, kerusakan akibat angin kencang juga dilaporkan terjadi di Desa Pasiraman, Kecamatan Wonotirto.

"Selain di Lorejo, Bakung, ternyata bencana angin kencang ini juga menerjang Desa Pasiraman, Wonotirto. Setelah BPBD melakukan assessment ke sana, tercatat ada 66 bangunan yang rusak di dua kecamatan tersebut," ungkap Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ahmad Cholik, Selasa (28/1/2020).

Cholik mengungkapkan, bangunan yang mengalami rusak berat ada tiga. Sedangkan sisanya rusak ringan dan sedang.

"Kemudian ada dua kandang ternak yang juga ikut terdampak. Nah, yang kandang ternak ini yang mengalami kerugian cukup besar. Karena jumlah ternak cukup banyak. Infonya bahkan ternaknya juga siap panen, jadi kerugiannya cukup besar," terangnya.

BPBD saat ini masih melakukan assessment untuk menghitung jumlah pasti kerugian yang disebabkan karena bencana tersebut. "Kami dari BPBD langsung melakukan assessment dan kerja bakti. Kalau dari BPBD bantuan nanti berupa material namun masih kita kaji kemampuan anggaran kami. Sementara untuk bantuan berupa sembako langsung diberikan utamanya untuk yang rumahnya rusak parah," pungkasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO