Selasa, 21 Januari 2020 02:53

Tafsir Al-Isra' 79: Hidup Korat-Karit, Tahajjud Solusinya

Minggu, 05 Januari 2020 00:45 WIB
Editor: Redaksi
Tafsir Al-Isra
Ilustrasi. foto: Pesantren Darunnajah

Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*

79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaan

Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

TAFSIR AKTUAL

Seorang teman hafidh al-qur'an dan kurang percaya terhadap kehebatan al-qur'an. Maklum, sebagai anak muda dan baru menikah, dia dibebani mencari nafkah yang mencukupi kehidupan keluarga. Pikirannya lebih memuja perhitungan matematis, kerja, dan kerja. Akibatnya, al-qur'an yang ada di dadanya kurang dioptimalkan. Kondisi ekonomi tidak malah membaik, dagang sana dan usaha sini ternyata tidak menghasilkan perubahan.

Suatu ketika diajak temannya sowan ke seorang shalih yang terkenal sebagai wali Allah, karena kesalehan ibadahnya dan ketinggian zuhudnya. Di sana ngantre agak lama, dan pada gilirannya masuk ke ruang konsultasi yang telah disediakan.

Sang wali tidak bertanya dan tidak basa-basi, langsung mewejang sabdo. "Tahjjud, setiap malam tiga juz". Tidak diberi kesempatan bertanya atau apa, langsung disuruh pulang, "Sudah... pulang, amalkan," kata sang wali.

Teman itu bengong sejenak dan berpikir. Terus gimana menghidupi keluarga. Tapi dia mantap dengan wejangan sang wali dan bisnis mulai dikurangi demi tahajjud setiap malam dengan membaca al-qur'an hafalan tiga juz. Terus dijalani dan terus diistiqamahi.

Beberapa bulan ada orang menitipkan anaknya agar dididik al-qur'an. Dia berpikir, ya, diterima, tapi ditempatkan di mana. Rumahnya terbatas dan tidak ada kamar khusus. Dia ikhlas berbagi tempat tinggal dengan santri. Makin tambah dan makin sesak. Dan Tuhan memberi rezeki bisa membeli tanah tetangga dan dibangun pondok kecil. Lalu betambah dan makin bertambah.

Kini menjadi pondok pesantren al-qur'an yang sudah memproduk hafidh dan hafidah. Tidak hanya itu, taraf ekonominya yang dulu ngoyo berdagang ke sana kemari, kini cukup di rumah membimbing hafalan para santri, pagi, siang, dan malam. Subhanallah, kini rumahnya makin besar, bisa haji bersama keluarga, bisa umrah, bahkan punya mobil lumayan. Tuhan tak pernah bohong.

Tuhan tidak pernah bohong, bahwa "maqam mahmud" selalu dijanjikan untuk pelaku tahajjud. Makanya, kalau ada orang islam yang hidupnya berantakan, tidak bahagia, morat-marit, selain human error, prilakunya buruk, pasti ibadahnya buruk, pasti kurang istighfar, - lebih-lebih - pasti tidak aktif tahajjud.

*Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag adalah Mufassir, Pengasuh Rubrik Tafsir Alquran Aktual HARIAN BANGSA, dan Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an (MQ), Tebuireng, Jombang.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...