Selasa, 25 Februari 2020 19:58

Bupati Indartato: Kinerja Kepala OPD Masih Perlu Ditingkatkan Lagi

Senin, 30 Desember 2019 10:50 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Bupati Indartato: Kinerja Kepala OPD Masih Perlu Ditingkatkan Lagi
Bupati Pacitan Indartato saat memberikan keterangan pers, Senin (30/12). (foto: Yuniardi Sutondo/BO).

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ibarat tim kesebelasan, jajaran OPD di lingkup Pemkab Pacitan diharapakan bisa lebih kompak lagi dalam menggiring bola sampai ke mulut gawang. Analogi itu disampaikan Bupati Pacitan Indartato, menanggapi kinerja sejumlah kepala OPD akhir-akhir ini.

"Secara umum memang sudah baik, namun masih perlu ditingkatkan lagi disiplinnya. Misalnya sering absen ataupun datang terlambat," ujar Indartato saat silaturahmi dengan awak media di salah satu restoran yang ada di Pacitan, Senin (30/12).

Menurut Indartato, keberhasilan sebuah OPD, yakni bagaimana bisa menyelesaikan semua persoalan yang dikeluhkan masyarakat. Seperti jalan rusak, ketersediaan air besih, ketercukupan tenaga kependidikan, dan yang paling mendesak saat musim liburan Natal serta tahun baru ini yaitu, masalah pengamanan utamanya di jalur-jalur menuju obyek wisata serta di kawasan wisata itu sendiri.

"Ini yang menjadi paramater pelaksanaan Perda 5/16 tentang RPJMD. Bagaimana masyarakat bisa sejahtera, tata kelola anggaran bisa lebih transparan dan akuntabel," jelas orang nomor satu di Pemkab Pacitan ini.

Indartato menyadari bila semua itu tak bisa hanya dilaksanakan oleh pemkab. Namun, perlu sinergitas semua pihak, termasuk dengan awak media.

"Peran media sangat penting. Saya tidak bisa melihat muka sendiri tanpa ada cermin. Untuk itulah perlunya kaca cermin agar kita ini bisa melihat apa yang kurang pada diri kita sendiri. Dalam Perda RPJMD, misi pertama kita yaitu bagaimana menciptakan tata pemerintahan yang baik. Untuk itulah, perlunya media sebagai sarana memberikan masukan dan kritik yang membangun. Dengan begitu, semua akan bisa berjalan dengan baik. Mohon bantuannya sehingga saluran-saluran bisa diciptakan bersama," urainya.

Hal yang sama juga disampaikan Asisten Administrasi Umum Haryo Junanto. Menurutnya, pemkab harus bisa menjalin harmonisasi dengan awak media. "Kami tidak alergi dengan informasi ataupun kritik yang sifatnya membangun. Namun, juga berikan solusinya," timpalnya. 

Sementara itu, Ketua Forum Pewarta Pacitan (FPPA) Danur Suprapto memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya forum silaturahim dengan kepala daerah dan jajarannya. Ia berharap agar agenda tersebut bisa berkesinambungan di tahun mendatang.

"Bila selama ini mungkin ada rekan-rekan wartawan yang salah dalam melakukan komunikasi, mohon dimaafkan," pintanya. (yun/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...