PHRI Malang Raya Siap Sambut Halal Destination 2020

PHRI Malang Raya Siap Sambut Halal Destination 2020 Zam-Zam Hotel menjadi salah satu hotel di Batu yang telah menerapkan halal destination.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Wacana halal destination tahun 2020 mendapat respons positif pengelola hotel dan restoran di Malang Raya yang tergabung dalam Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Menurut Titik S. Aryanto, Wakil Ketua PHRI , pengelola hotel di Malang dan sudah menyatakan kekompakannya mendukung konsep muslim friendly tersebut.

“Seiring meningkatnya kunjungan turis muslim ke Indonesia, kami rasa wajar jika wacana halal destination 2020 ini kami dukung. Di Indonesia, Malang termasuk berada di urutan ke delapan tingkat kunjungan turis muslimnya. Itu sebabnya, ketika ada wacana halal destination tahun 2020 mendatang, pengelola hotel dan restoran di Malang dan Batu kompak menyambut wacana ini,” ujar Titik, kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (15/12).

Ia menargetkan, tahun 2020 mendatang peringkat kunjungan turis muslim ke Malang dan Batu bisa naik ke peringkat lima di Indonesia. Tentu menurutnya, hal itu akan terwujud jika ada kerja sama yang baik antara pengelola hotel maupun restoran di Malang Raya.

“Konsep muslim friendly dalam wacana halal destination ini bisa diwujudkan dengan cara bagaimana pengelola hotel maupun restoran mampu menciptakan suasana yang benar-benar sesuai dengan tuntutan umat muslim. Misalnya toilet laki-laki dan perempuan harus terpisah. Di dalam kamar hotel ada arah kiblatnya, ada sajadah di kamar, dan sebagainya,” ujarnya.

Ditambahkan, wacana halal destination ini sudah pernah disosialisasikan kepada anggota PHRI, khususnya di . Bahkan, nantinya dinas terkait di Pemkot Batu siap memfasilitasi sertifikasi halal destination ini sekaligus pembiayaannya.

Salah satu Hotel di Batu yang sudah menerapkan pola halal destination ini yakni Zam-Zam Hotel. Di area hotel ini sudah ada masjid yang jamaahnya aktif, baik salat Jumat, tarawih jika di bulan Ramadhan, tadarus, bahkan digunakan salat Idul Adha dan Idul Fitri.

“Insya Allah satu-satunya hotel di Batu yang ada masjid dan jamaahnya aktif hanya di Zam-Zam Hotel. Semoga wacana halal destination ini nanti benar-benar terwujud tahun depan,” harap Firman Ali, Manajer sales marketing Zam-Zam Hotel. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO