Turunkan Kematian Ibu dan Bayi, Menkes Dukung Sistem Layanan RSUD Sidoarjo

Turunkan Kematian Ibu dan Bayi, Menkes Dukung Sistem Layanan RSUD Sidoarjo KUNJUNGAN: Menkes RI dr Terawan Agus Putranto saat kunjungan ke RSUD Sidoarjo, Jumat (13/12). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Menteri Kesehatan RI (Menkes) dr Terawan Agus Putranto mengunjungi RSUD Sidoarjo, Jumat (13/12).

Dalam kunjungannya ini, dr Terawan melihat langsung sistem penanganan pada Ibu melahirkan yang dinilai telah berhasil menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi di Kabupaten Sidoarjo.

Tempat pertama yang dituju adalah ruang PSC 119 (Public Service Center). Dari ruangan PSC inilah pasien yang membutuhkan penanganan bersifat emergency bisa diketahui dan direspons dengan cepat. Termasuk penanganan Ibu melahirkan dalam kondisi darurat yang membutuhkan tindakan penanganan cepat.

Usai melihat langsung sistem penanganan Ibu melahirkan, Menkes dr Terawan bangga dan mendukung langkah RSUD Sidoarjo dalam memberikan layanan yang bisa mencegah kematian Ibu pada saat melahirkan.

“Menurunkan kematian Ibu dan bayi dari sisi tujuan nasional, tetapi istilahnya ini ngalap berkah. Artinya, setiap apa yang kita kerjakan ini pasti diridhoi dan diberkahi oleh Yang Maha Kuasa. Karena yang kita lakukan ini berjuang dan menjaga kehidupan, saya bangga dan saya dukung," cetusnya.

Salah satu yang menjadi perhatian menkes, adalah ruang Public Service Center 119 (PSC) di lantai II Gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Di ruang PSC inilah penanganan Ibu melahirkan bisa dipantau, terintegrasi dengan 10 Puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Sehingga proses penanganan pada Ibu yang melahirkan bisa dilakukan cepat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO