Antisipasi Penyakit Diabetes, FKM Unej Kampanyekan Giat Olahraga Lewat Fun Colour Run

Antisipasi Penyakit Diabetes, FKM Unej Kampanyekan Giat Olahraga Lewat Fun Colour Run Fun Colour Run Unej Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Organisasi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (Ormawa FKM) Universitas () melakukan kampanye lewat giat olahraga sebagai langkah antisipasi bahaya penyakit diabetes.

Bentuk olahraga tersebut dikemas dengan gaya kekinian dalam berupa Fun Colour Run dan olahraga Zumba, yang digelar di depan Kantor Pemkab , Minggu (17/11/2019). Selain dalam bentuk kegiatan olahraga, juga digelar kegiatan cek kesehatan gratis, dan donor darah bagi masyarakat.

"Kegiatan ini dilakukan oleh kami gabungan ormawa FKM, bersama GenBI , JMKI, juga mendukung kegiatan pemerintah yakni Bulan Kesehatan (BKJ)," kata Koordinator acara Rhoudatul Jannah saat dikonfirmasi wartawan.

Kebetulan pada hari yang sama adalah peringatan Hari Diabetes Internasional, sehingga dalam giat tersebut juga disosialisasikan upaya untuk mengantisipasi penyakit tersebut. "Dengan menjaga pola makan, dan pola hidup sehat, kita bisa mengantisipasi dari bahaya penyakit diabetes. Karena penyakit ini sering sekali menyerang masyarakat tanpa disadari. Dulunya mungkin hanya umur di atas 40 tahun yang diserang, kini remaja bahkan mungkin anak-anak bisa mengidap penyakit tersebut," jelasnya.

Menurutnya, penyakit diabetes bisa menyebabkan penyakit lain, dan menjadi komplikasi terhadap organ-organ lainnya. Mahasiswa FKM yang mendekati semester akhir ini menjelaskan, terjadinya penyakit jantung dan stroke, awalnya dari diabetes ini.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO