Selasa, 25 Februari 2020 03:55

Pasutri Asal Jombang Kompak Curi Kosmetik di Beberapa Minimarket, Sehari Bisa Hasilkan Rp 8 Juta

Selasa, 05 November 2019 13:09 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Pasutri Asal Jombang Kompak Curi Kosmetik di Beberapa Minimarket, Sehari Bisa Hasilkan Rp 8 Juta
Tersangka Thoriq Rio Hermawan saat diinterogasi di Mapolsek Gedangan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Unit Reskrim Polsek Gedangan berhasil mengamankan Pasutri, Thoriq Rio Hermawan (41) dan Wiji Astuti (39), setelah tertangkap basah mencuri kosmetik di minimarket kawasan Desa Bangah, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo.

Kini, pasangan asal Dusun Kedung RT 10 RW 01, Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Jombang itu harus meringkuk di tahanan.

Kapolsek Gedangan Kompol Heri Siswoko mengatakan, penangkapan pelaku pencurian minimarket yang dilakukan oleh pasangan suami istri (pasutri) tersebut bermula saat pihaknya mendapat laporan. "Setelah mendapat laporan dari penjaga minimarket, anggota langsung kami kerahkan ke lokasi untuk menjemput tersangka," cetusnya, Selasa (5/11).

Modus pasutri yang indekos di kawasan Jalan Hayam Wuruk, Desa Sawotratap, Kecamatan Gedangan itu, yakni keduanya berangkat dari kos menggunakan mobil rental. Setibanya di minimarket, sang istri masuk ke dalam dan mengambil kosmetik dengan cara memasukkan ke dalam tas kecil yang dibawa tersangka.

"Mereka berdua sudah merencanakan semuanya. Jadi tugas istri masuk ke dalam minimarket, kemudian jalan-jalan mengitari rak dan mengambil barang-barang kecil, mahal, dan mudah dibawa seperti kosmetik. Sedangkan suaminya menunggu di dalam mobil," terang Heri Siswoko.

Aksi pasutri tersebut, lanjut Heri, bukan yang pertama kalinya. Mereka sudah beraksi di beberapa minimarket di kawasan Sidoarjo. Bahkan, aksi mereka pernah kepergok penjaga minimarket. "Pernah kepergok tiga kali, tapi diselesaikan secara kekeluargaan. Tapi yang TKP terakhir ini dilaporkan, karena sering terjadi kehilangan," ungkapnya.

Kepada petugas, pelaku mengaku bahwa barang hasil curiannya mereka jual di pasar dan uangnya mereka gunakan untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, tersangka mengaku pernah mendapatkan hasil sebanyak Rp 8 juta sehari. "Jadi sehari itu tidak di satu TKP saja, mereka mencuri dari minimarket ke minimarket lain," katanya.

Akibat perbuatannya, pasutri tersebut dijerat pasal 363 ayat 1 KUHP tentang pencurian dengan ancaman kurungan penjara maksimal 7 tahun penjara. "Yang laki-laki kami tahan di sini, sedangkan istrinya ditahan di Mapolsek Sukodono. Karena di sana tahanan khusus perempuan," pungkasnya.(cat/rev) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...