Komplotan Maling Elpiji Dibekuk Polsek Sukodono

Komplotan Maling Elpiji Dibekuk Polsek Sukodono

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Unit Reskrim Polsek Sukodono berhasil membekuk komplotan pencuri 48 tabung elpiji di sebuah rumah di Dusun Kweni, Desa Anggaswangi, Kecamatan Sukodono. Ada empat dari enam tersangka pencurian dengan pemberatan itu berhasil dibekuk. Mereka adalah, Ipong Harianto (28), Rian Pratama (21), dan M. Langgeng (19) yang merupakan warga Desa Anggaswangi, Kecamatan Sukodono. Serta Ristianto (29) warga Kebonagung, Kecamatan Sukodono.

Kapolsek Sukodono AKP Eka Anggriana menceritakan, aksi pencurian itu terjadi 7 April 2018 lalu. Saat itu, korban yang merupakan warga Surabaya terkejut lantaran melihat puluhan tabung elpiji di dalam rumah sekaligus toko itu telah hilang. Korban kemudian melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Sukodono.

Berbekal laporan itulah, polisi langsung bergerak melakukan penyelidikan. Upaya itu pun membuahkan hasil. Satu per satu tersangka berhasil diringkus polisi. “Pertama satu tersangka diringkus, kemudian mengembang ada 5 lagi tersangka. Tiga sudah kita tahan dan dua orang masih DPO,” terang Eka, Ahad (27/10).

Di hadapan penyidik, tersangka mengaku jika masuk ke dalam ruko itu dengan cara mencongkel pintu belakang. Kemudian secara bertahap, keenam pelaku menguras tabung elpiji yang ada di dalam toko.

Mereka cukup leluasa beraksi, lantaran memang ruko tersebut sedang tidak berpenghuni. Pemiliknya ada di Surabaya. “Elpiji dibawa naik motor berkala, sepuluh-sepuluh. Dari sore sampai malam,” urai Eka saat pers rilis.

Kanit Reskrim Polsek Sukodono Iptu Sugiono menambahkan, selain mencuri 48 tabung elpiji, para tersangka juga membawa sejumlah barang berharga lain. Di antaranya, 100 botol parfum, dan uang receh senilai Rp 50 ribu.

Otak dalam pencurian itu adalah Rian, atau dikenal dengan panggilan Cuit. Kini ketiga tersangka telah mendekam di sel ruang tahanan Mapolsek Sukodono. Yakni Ipong, Rian, dan Ristianto. “Satunya (Langgeng, red) menjalani penahanan kasus lain di lapas,” urainya.

Sementara itu, Rian alias Cuit mengaku jika tabung elpiji hasil pencurian itu bakal dijual. “Uangnya untuk minum-minum,” pungkasnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO