Senin, 21 Oktober 2019 00:28

Pemkot Pasuruan Gelar Bimtek Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja, dan Evaluasi Jabatan

Jumat, 11 Oktober 2019 02:34 WIB
Editor: .
Wartawan: Ardianzah
Pemkot Pasuruan Gelar Bimtek Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja, dan Evaluasi Jabatan
Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo membuka acara.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis analisis jabatan, analisis beban kerja, dan evaluasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. Kegiatan ini digelar bertempat di Valencia Resto & Cafe Jalan Hayam Wuruk Kota Pasuruan, Rabu (9/10) hingga Kamis (10/10).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, serta dihadiri Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten, Kepala OPD, Camat, dan Lurah se-Kota Pasuruan.

Dalam sambutannya, Plt. Wali Kota Pasuruan berharap melalui bimbingan teknis ini, para analis mandiri perangkat daerah dapat membuat laporan hasil analisa jabatan dan analisa beban kerja masing-masing sesuai sistematika pelaporan. Ia juga menekankan agar laporan menyertakan rekomendasi penataan keorganisasian baik dari aspek kelembagaan, ketatalaksanaan, kediklatan maupun kepegawaiannya.

"Di samping itu pula, yang juga harus segera dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pasuruan adalah penyusunan standar kompetensi jabatan bagi jabatan pimpinan tinggi, administrator, pengawas, dan pelaksana yang nantinya juga akan melibatkan tenaga analis dari seluruh perangkat daerah. Di mana proses pengangkatan dan pemindahan dalam jabatan harus sesuai dengan kompetensinya walaupun yang terpenting dari semua itu adalah pertimbangan kebutuhan organisasi," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, standar kompetensi jabatan ini disusun juga harus bersesuaian dengan hasil analisis jabatan menyangkut persyaratan jabatannya.

"Jadi, bimbingan teknis ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi penyelesaian permasalahan jabatan, beban kerja pada masing-masing perangkat daerah, serta klasifikasi jabatan sebagaimana tertuang dalam ketentuan manajemen pegawai negeri sipil," jelasnya.

Sementara Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Pasuruan Kokoh Arie Hidayat mengatakan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah memberikan pembinaan terhadap pengelola kepegawaian pada perangkat daerah tentang penyusunan analisis jabatan, analisis beban kerja dan evaluasi jabatan.

Selain itu, juga untuk menyosialisasikan model pemberian tambahan penghasilan sesuai dengan ketentuan yang akan diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri dan mengetahui kesiapan perangkat daerah terhadap penyelesaian hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja pada masing-masing perangkat daerah.

Kegiatan ini diikuti oleh 125 orang peserta terdiri dari 83 peserta yang merupakan pengelola kepegawaian di masing-masing perangkat daerah, UPT serta Kelurahan. Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah. (ard/par)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...