Ini Berbagai Terobosan Polresta Sidoarjo untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Ini Berbagai Terobosan Polresta Sidoarjo untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Sistem sensor pada uji praktik SIM sudah menggunakan sensor dengan sistem yang baru.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah terobosan terus diluncurkan Polresta Sidoarjo dalam upayanya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Langkah ini dilakukan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan polisi.

Mulai dari pengurusan SKCK Online, layanan SKCK keliling, e-SIM, smart driving test, layanan di Mal Pelayanan Publik, pengaduan online, layanan hilang online, SP2HP online, e-pemakaman, jenguk nyaman, Delta Siap, dan sejumlah layanan lain.

"Program-program itu sudah berjalan baik. Dan kami terus berupaya untuk meningkatkannya, agar bisa semakin baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Kamis (12/9/2019).

Dicontohkan dalam program jenguk nyaman. Sejak April lalu, telah dibangun layanan khusus besuk tahanan yang dilengkapi ruang tunggu memadai, tempat bermain anak, ruang menyusui, loker penyimpanan, dan sebagainya.

Seperti di film-film, pembesuk tidak bisa bersentuhan dengan tahanan. Ada kaca dan teralis pemisah. "Komunikasinya lewat telepon ini," ujar Kapolres Zain.

Prosesnya juga diawali dengan pendaftaran lewat online. Dari aplikasi itu, pembesuk sudah dapat nomor antrean, kemudian tinggal bertemu tahanan yang dibesuk, sesampai di polres.

Program lain yang juga sudah banyak dirasa manfaatnya adalah e-SIM dan smart driving online. Pengurusan SIM secara online dan penerapan sistem sensor pada uji praktik SIM yang sudah soft launching sejak Desember 2018 itu juga terus dilakukan perbaikan untuk meningkatkan pelayanan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO