Minggu, 29 Maret 2020 03:49

Jarmas Pacitan Dituding Tak Netral, Condong ke Salah Satu Balon Bupati

Rabu, 11 September 2019 10:57 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Jarmas Pacitan Dituding Tak Netral, Condong ke Salah Satu Balon Bupati
Ketua HNSI Pacitan Damhudi. (foto: Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kelompok Jaring Aspirasi Masyarakat (Jarmas) Pacitan besutan Sutikno yang selama ini getol mencari figur-figur yang dinilai layak maju sebagai bacabup Pacitan, mulai diragukan netralitasnya. Jarmas dinilai melenceng dari tujuan awalnya, lantaran sudah mengarah dan mendukung salah satu bakal calon bupati.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Damhudi, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pacitan yang juga hendak running di pemilihan bupati 2020.

"Sinyalemen itu terlihat dari postingan yang dilakukan ketua Jarmas di jejaring media sosial dan terkesan mengarah ke salah satu bakal calon bupati. Sehingga kami menduga, bakal calon yang lainnya hanya akan dijadikan alat untuk lebih mempopulerkan bakal calon tersebut. Soal aksi sosial dropping air bersih, sebenarnya cukup nitip di BPBD dan tidak perlu heboh di medsos, hanya untuk merebut hati rakyat. Meraih rindho Alloh SWT, itu yang utama," kata Damhudi, Rabu (11/9).

Menurut Damhudi, Ketua Jarmas sejatinya tak perlu berlebihan dalam memposting kegiatan dropping air yang diinisiasi salah satu bacalon bupati. "Seharusnya lebih menunjukkan netralitasnya," ujarnya.

Untuk itu, Damhudi memilih untuk tidak terlibat dalam kegiatan temu masyarakat yang hendak dilakukan Jarmas waktu dekat ini. "Kami mundur saja. Sebab netralitas jarmas sangat disanksikan," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Jarmas Pacitan Sutikno mananggapi santai atas tudingan miring yang ditujukan kepada dirinya. Ia menegaskan, hal itu sebagai konsekuensi logis yang harus diterimanya. "Jarmas itu terdiri dari personal-personal. Sehingga wajar saja, kalau ada beberapa personil jarmas yang mungkin ada kedekatan dengan bakal calon," kata Sutikno memberikan klarifikasi.

Soal postingan di media sosial yang dituding sebagai sinyalemen ketidak-netralan Jarmas, Sutikno menegaskan tulisan itu sejatinya sebagai stimulus kepada bakal calon lainnya agar punya aksi riil dan tidak sekadar berkoar-koar di media sosial.

"Jujur saja, selama ini memang hanya Ronny Wahyono yang punya aksi nyata di lapangan. Harapan kami bakal calon yang lain bisa mengikuti aksi yang telah dilakukan Ronny dan timnya. Jangan hanya koar-koar di medsos, tapi tidak ada aksi riil di lapangan," tukasnya. (yun/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...