Kamis, 29 Oktober 2020 01:19

Jadwal Pendaftaran Cabup dan Cawabup Diundur, KPU Pacitan Berlakukan Shift Kerja

Jumat, 20 Maret 2020 10:32 WIB
Editor: .
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Jadwal Pendaftaran Cabup dan Cawabup Diundur, KPU Pacitan Berlakukan Shift Kerja
Sekretaris KPU Pacitan, Bambang Sutejo.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ada perubahan jadwal pelaksanaan tahapan Pilbup Serentak 2020. Yakni, jadwal pendaftaran pasangan calon dari partai politik atau gabungan partai politik mundur tiga hari.

"Ada penundaan selama tiga hari," kata Sekretaris KPU Pacitan, Bambang Sutejo, Jumat (20/3).

Menurut pria yang akrab disapa Tejo ini, perubahan jadwal pendaftaran tersebut sebagaimana tertuang dalam PKPU 20/2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan KPU No 15/2019 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020.

"Yang paling krusial yaitu massa pendaftaran pasangan calon partai atau gabungan parpol. Memang ada pergeseran waktu," jelasnya.

Pergeseran waktu pendaftaran tersebut, dari yang semula digelar pada tanggal 16 Juni hingga 18 Juni, namun seiring terbitnya PKPU 20/2020, pendaftaran diundur menjadi tanggal 19 Juni sampai tanggal 21 Juni 2020. "Untuk tahapan yang lain, tidak ada perubahan," tegasnya. 

Sekretariat KPU Berlakukan Shift Kerja

Dalam kesempatan itu, Bambang Sutejo juga menyampaikan bahwa sekretariat KPU Pacitan mulai memberlakuan sistem shift kerja sebagai antisipasi serangan Covid-19.

Menurutnya, sudah ada petunjuk dari Sekretariat Jenderal KPU RI terkait pengaturan jam kerja. Baik bagi staf maupun pejabat di lingkup Sekretariat KPU secara berjenjang.

"Karena itu kita sudah melakukan rapat koordinasi. Dan hasilnya, teknis pelaksanaan pengaturan shift kerja kita kembalikan ke masing-masing sub bagian," katanya.

Menurut pejabat eselon III ini, pengaturan jam kerja bersifat tentatif. "Ya memang tentatif di masing-masing sub bagian. Namun untuk seluruh komisioner KPU, pejabat eselon III, dan IV tetap masuk. Untuk staf bisa bekerja dirumah sewaktu-waktu.

Tenaga honor maupun pendukung, dikembalikan ke masing-masing subagian untuk mengatur. Pada dasarnya, masalah jam menyesuaikan kondisi masing-masing," jelasnya.

Ia menyontohkan untuk hari Ahad lusa, bagi mereka yang ingin tetap masuk, juga dipersilakan. Bagi yang tidak masuk mungkin karena sakit, juga diberikan kesempatan bekerja dari rumah.

"Hari Minggu (22/3) nanti kita akan ada kegiatan pelantikan PPS. Kalau yang masuk ya tetap masuk. Sebab Minggu nanti akan ada pelantikan PPS. Rencana disatukan, karena ada wabah covid-19, prosesnya dilaksanakan di masing-masing kecamatan," tuturnya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...