Sabtu, 17 Agustus 2019 23:06

TMMD 105 Jatim Usai, Masyarakat Terisolir di Jatim Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Rabu, 14 Agustus 2019 14:04 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Devi Fitri
TMMD 105 Jatim Usai, Masyarakat Terisolir di Jatim Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0
Melalui pembekalan itu, Satgas TMMD di Jatim berupaya untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya Letkol Arm Imam Haryadi menjelaskan jika pelaksanaan TMMD, bukan hanya sekadar sasaran fisik saja. Namun, terdapat juga program non fisik.

Program non fisik, kata Letkol Imam, meliputi beberapa materi pembekalan, penyuluhan hingga pelatihan kreatifitas dan ketrampilan.

“TMMD ini, juga menyiapkan masyarakat untuk siap menghadapi revolusi industri 4.0. Apalagi, industri 4.0 mampu menghasilkan pabrik cerdas,” ungkapnya, Rabu, 14 Agustus 2019.

“Di dalam pabrik cerdas, berstruktur moduler, sistem siber-fisik yang mengawasi fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual dan membuat keputusan yang tidak terpusat,” imbuh Kapendam.

Saat ini, kata Perwira Menengah TNI-AD kelahiran Kabupaten Ponorogo ini, revolusi industri 4.0 tak hanya merambah perekonomian saja. Namun, terdapat beberapa bidang yang saat ini mulai dijangkau oleh revolusi tersebut, termasuk diantaranya ialah bidang pendidikan.

“Sekarang, Pemerintah menargetkan Indonesia menjadi 10 negara terbesar dan menyerap 10 juta tenaga kerja dan lapangan kerja pada 2030 mendatang. Target ini, merupakan bentuk optimisme dalam meghadapi perubahan industri yang terjadi,” ungkapnya.

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu, sejumlah daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan program TMMD di Jatim telah menggelar berbagai kegiatan non fisik, termasuk diantaranya pembekalan maupun pelatihan wirausaha.

Pelatihan itu, kata almameter Akademi Militer tahun 1997 ini, bukan hanya sekedar mempercepat roda perekonomian maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah terisolir saja. Pelatihan itu juga bertujuan untuk mempersiapkan diri masyarakat guna menghadapi perkembangan industri tersebut.

“Melalui pembekalan itu, Satgas TMMD di Jatim berupaya untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” jelasnya.

Selain Kabupaten Trenggalek, program TMMD ke-105 di Jawa Timur tahun ini, juga berlangsung di beberapa daerah lainnya, termasuk diantaranya Kabupaten Banyuwangi, Sampang, Blitar, Bojonegoro dan Kabupaten Trenggalek. (dev/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...