Sabtu, 21 September 2019 21:25

Dinas Perpustakaan Pacitan Rintis Library Cafe dan Restorasi Arsip

Senin, 12 Agustus 2019 12:54 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Dinas Perpustakaan Pacitan Rintis Library Cafe dan Restorasi Arsip
Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan, Sumoro Hadi.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Guna meningkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan tengah merintis pendirian library cafe.

Kegiatan tersebut sebagai implementasi dari inovasi Bupati Indartato, untuk lebih menggairahkan masyarakat terhadap bedah keilmuan melalui buku dan literatur lainnya.

"Recana ini akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2020 nanti. Adapun sumber pendanaan senilai Rp 100 juta dari APBD," kata Kepala Dinas Perpustakaan Pacitan Sumoro Hadi, Senin (12/8).

Selain itu, juga akan ada penambahan buku-buku yang didanai dari dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2020 senilai Rp 425 juta. "Pak Bupati berharap dengan library cafe masyarakat dapat kumpul-kumpul sambil ngopi dan baca buku. Bahkan kami juga sediakan pemandu untuk melakukan bedah buku serta lainnya. Harapannya, dengan adanya library cafe ini akan lebih menggairahkan masyarakat untuk membaca," jelas mantan Camat Donorojo ini pada pewarta.

Tak hanya itu, untuk lebih meningkatkan pelayanan pada masyarakat, ke depan pemerintah pusat juga telah menganggarkan perluasan gedung senilai Rp 3,4 miliar. "Rencana perluasan ini akan dilaksanakan tahun depan. Lokasinya di eks perumahan pengairan. Akan kita bangun gedung dua lantai nantinya," beber Sumoro.

Lebih lanjut, pejabat yang pernah menjabat sebagai staf ahli bupati ini mengungkapkan, ke depan pihaknya juga akan berupaya mewujudkan harapan Bupati Indartato terkait restorasi arsip atau dokumen-dokumen berharga.

Rencana ini kemungkinan akan diawali dari arsip pribadi, pemerintahan desa, dan lembaga perbankan atau keuangan, sampai nantinya arsip-arsip negara.

"Ide ini mengilhami bencana alam tahun 2017 lalu. Banyak sekali dokumen-dokumen pribadi ataupun negara yang rusak. Nah, ke depan kita akan merintis restorasi arsip. Jadi dokumen-dokumen penting yang mungkin rusak akan kita restorasi dengan bahan-bahan khusus agar arsip atau dokumen penting itu bisa terselamatkan. Misalnya dengan menggunakan tisu Jepang atau peralatan lainnya," tandasnya. (yun/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Sabtu, 21 September 2019 15:30 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...