Sabtu, 25 Januari 2020 11:59

Sering Ditinggal Mancing, Main Game, Hingga Karaokean, Penyebab Banyaknya Istri Gugat Cerai Suami

Selasa, 30 Juli 2019 22:32 WIB
Editor: Maulana
Wartawan: Yudi Indrawan
Sering Ditinggal Mancing, Main Game, Hingga Karaokean, Penyebab Banyaknya Istri Gugat Cerai Suami
Anwar, Humas PA Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kasus perceraian yang ditangani Pengadilan Agama (PA) Jember mencapai 4.945 Kasus. Perceraian terkait soal cerai gugat ataupun cerai talak. Terkait persoalan yang paling dominan, adalah terkait perselisihan dan pertengkaran terus menerus antar pasangan.

“Angka 4945 kasus itu, kasus 6 bulan terakhir sejak bulan Januari 2019 hingga Juni,” kata Humas PA Jember Anwar, Selasa (30/7) sore.

Ia menjelaskan, dari perkara yang ditangani PA Jember, paling banyak cerai gugat daripada cerai talak. Cerai gugat adalah tuntutan perceraian dari pihak wanita atau istri, sedangkan cerai talak dari pihak laki-laki atau suami.

Mayoritas perceraian yang terjadi, terkait perselisihan antara suami istri. Pihak suami tidak bisa memberikan komunikasi yang baik dengan istri.

“Kalau di pengadilan itu, karena si laki-laki sering keluar malam. Tidak dijelaskan detail apa yang dilakukan saat keluar malam. Tapi hal itu yang sering dipersoalkan. Baru yang kedua terkait faktor ekonomi,” kata dia.

Data secara detail 6 bulan belakangan terkait kasus yang sering terjadi, kasus perselisihan total ada sekitar 1851 kasus dan persoalan kedua faktor ekonomi 1412 kasus. Untuk persoalan cekcok dalam rumah tangga atau komunikasi yang kurang baik antara suami istri, penyebabnya beraneka macam.

“Penyebab cekcoknya macam-macam misalnya karena ditinggal mancing suaminya tiap malam, kemudian istrinya minta cerai. Ada juga karena tiap malam main game online, karaokean, sehingga istri gugat cerai,” tutur dia.

Kemudian terkait umur perkawinan yang dipersoalkan hingga perceraian paling banyak umur pernikahan 5 tahun ke atas. “Rentangnya 5 tahun sekali, jadi cerai setelah 5 tahun menikah, 10 tahun menikah, 15 tahun menikah, dan seterusnya. Tercepat ada juga, baru 2 atau 3 bulan menikah sudah cerai. Tapi biasanya itu perceraian yang diakibatkan persoalan seperti kena gerebek, bahkan ada kasus dijodohkan yang tidak cocok,” tandasnya.

Terkait cepatnya penyelesaian perkara perceraian yang ditangani Pengadilan Agama Jember, saat ini posisinya menduduki peringkat nomor satu. Artinya terkait penyelesaian upload soal perceraian, pemberkasan yang disegel, dan upload putusan cerai di Sistem informasi penelusuran perkara (SIPP).

“Untuk nomor satu sekarang Jember, disusul Indramayu, Surabaya, Banyuwangi, dan Kabupaten Malang. 5 kota itu bergantian setiap minggunya. Upload data kan tiap Jumat,” kata Anwar.

Pria yang juga menjabat sebagai Hakim PA Jember ini pun mengingatkan, agar perkawinan tidak berakhir di meja Pengadilan Agama. Untuk itu, ia mengimbau pasangan suami istri agar menjalankan perintah agama.

“Jadi kalau orang mau keluarganya sakinah, mawadah, warohmah, kita kan orang Islam, harus salat lima waktu. Itu jangan ditinggalkan. Kalau bisa suami jadi imam salat berjamaah, dengan istri dan anak-anaknya. Membaca Al Quran walau satu ayat,” tandasnya. (jbr1/yud/ns/lan)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 25 Januari 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*80. Waqul rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa-akhrijnii mukhraja shidqin waij’al lii min ladunka sulthaanan nashiiraan.Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluark...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...