Sering Ditinggal Mancing, Main Game, Hingga Karaokean, Penyebab Banyaknya Istri Gugat Cerai Suami

Sering Ditinggal Mancing, Main Game, Hingga Karaokean, Penyebab Banyaknya Istri Gugat Cerai Suami Anwar, Humas PA Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kasus  yang ditangani Pengadilan Agama (PA) mencapai 4.945 Kasus. Perceraian terkait soal cerai gugat ataupun cerai talak. Terkait persoalan yang paling dominan, adalah terkait perselisihan dan pertengkaran terus menerus antar pasangan.

“Angka 4945 kasus itu, kasus 6 bulan terakhir sejak bulan Januari 2019 hingga Juni,” kata Humas PA Anwar, Selasa (30/7) sore.

Ia menjelaskan, dari perkara yang ditangani PA , paling banyak cerai gugat daripada cerai talak. Cerai gugat adalah tuntutan dari pihak wanita atau istri, sedangkan cerai talak dari pihak laki-laki atau suami.

Mayoritas yang terjadi, terkait perselisihan antara suami istri. Pihak suami tidak bisa memberikan komunikasi yang baik dengan istri.

“Kalau di pengadilan itu, karena si laki-laki sering keluar malam. Tidak dijelaskan detail apa yang dilakukan saat keluar malam. Tapi hal itu yang sering dipersoalkan. Baru yang kedua terkait faktor ekonomi,” kata dia.

Data secara detail 6 bulan belakangan terkait kasus yang sering terjadi, kasus perselisihan total ada sekitar 1851 kasus dan persoalan kedua faktor ekonomi 1412 kasus. Untuk persoalan cekcok dalam rumah tangga atau komunikasi yang kurang baik antara suami istri, penyebabnya beraneka macam.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO