Pacitan Butuh Bupati yang Bisa Mengakselerasi Ekonomi

Pacitan Butuh Bupati yang Bisa Mengakselerasi Ekonomi Eks konsultan USAID di Pacitan, Suhardi saat ditemui di kediamannya. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Eks konsultan U.S. Agency for International Development (USAID) Suhardi, memberikan pendapat soal kriteria calon Bupati Pacitan mendatang. Menurut mantan aktivis LSM yang berkantor pusat di Amerika ini, Pacitan butuh figur pemimpin yang tak hanya mampu mengendalikan birokrasi.

"Pengalaman birokrasi itu mutlak, namun mereka juga harus punya jiwa entrepreneur dan bisa mendinamisasi potensi yang ada. Bukan hanya sektor wisata, akan tetapi sektor usaha mikro lainnya, diharapkan juga bisa digarap untuk lebih mengakselerasi pertumbuhan ekonomi semua strata masyarakat tanpa kecuali," katanya, Selasa (30/7).

Tak hanya itu, ia berharap calon pemimpin Pacitan mendatang bisa menciptakan iklim investasi yang lebih kompetitif sehingga berdampak terhadap perkembangan ekonomi masyarakat. Apalagi saat ini Pemprov Jatim sudah berwacana hendak meluncurkan program impact investation.

"Jangan sampai masyarakat hanya menjadi buruh di negara atau di daerahnya sendiri. Namun bagaimana agar masyarakat bisa menjadi bos atau juragan dengan kreativitasnya untuk menciptakan sebuah produk yang punya daya saing dengan daerah lainnya. Sebab selama ini masyarakat seakan hanya bisa menjadi distributor atau dropshipper atas produk-produk impor. Inilah perlunya sosok pemimpin yang tegas, berjiwa entrepreneur, dan mahir menata birokrasi," jelasnya.

Seiring kemajuan IT yang cukup pesat, Suhargi berharap figur bupati mendatang bisa memanfaatkannya untuk membawa kemajuan ekonomi bagi masyarakat. "Kalau ini bisa dikemas dalam investasi lokal, tentu ekonomi masyarakat akan bisa lebih masif bergerak. Begitulah harapan masyarakat untuk bisa memiliki calon pemimpin dengan kriteria tersebut," harapnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO