Selasa, 20 Agustus 2019 13:13

Kunjungan KPK ke Situbondo Disambut Demo, Warga Berpakaian SD Minta Kasus Korupsi Diusut Tuntas

Kamis, 18 Juli 2019 22:57 WIB
Editor: Ibnu
Wartawan: Mursidi
Kunjungan KPK ke Situbondo Disambut Demo, Warga Berpakaian SD Minta Kasus Korupsi Diusut Tuntas
Junaidi saat melakukan aksi tunggal di depan kantor Pemkab Situbondo. foto: Mursidi/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Kedatangan kunjungan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kabupaten Situbondo diwarnai unjuk rasa warga, Kamis (18/7). Aksi ini dilakukan oleh Gerakan Masyarakat Peduli Urusan Rakyat (Gempur) Junaidi. Menariknya, Junaidi melakukan aksinya seorang diri dengan menggunakan pakaian anak sekolah dasar (SD).

Dalam orasinya di depan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, ia meminta lembaga anti rasuah tersebut mengusut tuntas barbagai kasus korupsi di Situbondo, baik korupsi yang terjadi di Pemkab Situbondo maupun di DPRD Situbondo.

"Saya mengapresiasi kedatangan KPK ke Situbondo, tapi jangan cuma melakukan pencegahan, tapi juga harus melakukan penindakan, karena sangat banyak kasus korupsi yang terjadi di Kabupaten ini," pekik Junaidi.

Selain banyak kasus korupsi yang tidak diungkap dan tidak ditindak lanjuti, Junaidi juga mengungkapkan bahwa di Kabupaten Situbondo sangat banyak aset pemerintah daerah yang lenyap, dengan cara diperjualbelikan ke pihak pengusaha.

"Itu salah satu contoh ya, ada di jalan ijen bekas Bank Kredit Desa, sekarang menjadi showroom mobil. Juga ada di Desa Juglangan beberapa hektar lahan yang dijual ke pengusaha. Saya mempertanyakan, karena itu milik pemerintah daerah Kabupaten Situbondo," ungkapnya.

Junaidi juga meminta KPK memberikan perhatian khusus di Kabupaten Situbondo. Pasalnya pembangunan daerah berjalan sangat lambat. Menurutnya, semua itu terjadi karena pemerintah Kabupaten hanya melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat formalitas dan rutinitas semata, tanpa ada kreativitas yang menyebabkan Situbondo berjalan dengan pesat.

"Keterlambatan pembangunan ini juga ada kaitannya dengan proyek pemkab yang dikorupsi oleh para pejabat di Situbondo. Ada proyek miliaran rupiah dibangun di lahan milik perhutani dengan alasan tahun kunjungan wisata tanpa ada dasar hukumnya, sehingga tidak berkontribusi terhadap PAD," paparnya.

Di akhir orasinya, aktivis anti korupsi yang dikenal vokal ini juga meminta dilakukan audit terhadap LKHPN yang sudah dilaporkan ke KPK. Ia mensinyalir ada beberapa aset milik pejabat di Situbondo, mulai dari Bupati sampai jajaran ke bawahnya yang tidak dimasukkan ke dalam LHKPN dengan modus diatasnamakan orang lain.

"KPK harus peka, jangan cuma menerima LHKPN begitu saja, harus dilakukan audit. Saya punya bukti beberapa pejabat di Situbondo, seperti aset yang mereka miliki di luar daerah dan saya yakin aset itu tidak akan dimasukkan ke dalam LHKPN-nya itu," pungkasnya. (mur/had)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...