Sabtu, 21 September 2019 02:13

​Luncurkan BLUD Plus, Gubernur Khofifah Harap IPM Jatim Terus Meningkat

Selasa, 09 Juli 2019 01:34 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Luncurkan BLUD Plus, Gubernur Khofifah Harap IPM Jatim Terus Meningkat
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa secara resmi meluncurkan program Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Plus di SMK Negeri 2 Donorojo, Kab. Pacitan. foto: ist

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa secara resmi meluncurkan program Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Plus di SMK Negeri 2 Donorojo, Kab. Pacitan, Minggu (7/7) sore.

Melalui peluncuran tersebut, dirinya berharap agar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Timur, khususnya di Kab. Pacitan terus meningkat.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengatakan, program BLUD sendiri sudah sejak lama digalakkan Pemprov Jatim. Namun yang berbeda dengan program BLUD Plus kali ini adalah dihadirkannya sektor swasta, yakni Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) dalam pelaksanaanya.

"BLUD Plus yang merupakan pertama kali di Jawa Timur ini, diharapkan ada sesuatu yang memberi signifikansi terhadap PR (pekerjaan rumah) Jawa Timur hari ini yaitu meningkatkan IPM," terang Gubernur Khofifah.

Dirinya mencotohkan, berdasarkan data rata-rata lama sekolah siswa di Kab. Pacitan adalah 7,19. Nilai itu tidak jauh dengan rata-rata lama sekolah di Jawa Timur yaitu 7,34. Hal itu secara langsung berdampak pada nilai IPM di Jatim. Oleh sebab itu, sebut Gubernur Khofifah, dibutuhkan kerja ekstra semua pihak untuk bisa mendongkrak IPM di Jatim.

“Kita membutuhkan strong partnership dengan semua pihak, private sector maupun elemen strategis seperti pemkab dan pemkot, disertai kerja keras untuk mendongkrak IPM Jawa Timur,” ujarnya.

Kerja ekstra yang dimaksud, terang Gubernur Khofifah, termasuk tidak menutup pintu kerjasama dengan pihak luar. Tujuan utamnya tidak lain untuk percepatan pertumbuhan IPM.

“Jika ada private sector yang ikut menyisir kerjasama dengan pemkab/pemkot rasanya akan mendorong percepatan peningkatan IPM Jatim,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, Gubernur Khofifah berharap, agar YMA-MDR bisa melakukan pendampingan program hingga tuntas. Mulai dari proses pelatihan, pengolahan hingga persiapan pemasaran baik kepada siswa pelatihan maupun masyarakat sekitar.

“Saya yakin bahwa dari keluarga besar Astra, akan melakukan pendampingan sampai tuntas. Tuntas yang dimaksudkan adalah jejaring marketnya juga,” ungkapnya.

Sementara Bupati Pacitan, Indartanto menyampaikan, bahwa dirinya sangat berterima kasih terhadap peluncuran program tersebut di Kab. Pacitan. Dirinya berharapan program BLUD Plus tersebut semakin meningkatkan sumber daya manusi (SDM) di wilayahnya.

"Diharapkan nantinya SDM di Pacitan lebih maju dan mudah-mudahan bapak SBY kedua bisa tumbuh dari Pacitan," harapnya.

Sementara itu, SMKN 2 Donorojo Pacitan bersama YMA-MDR akan memfokuskan pada pembelajaran tentang pengolahan buah kelapa lokal menjadi komoditi bernilai jual tinggi. Sebagai langkal awal, telah dibuka satu jurusan baru yaitu Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) yang salah satu produk utamanya adalah Virgin Coconut Oil (VCO).

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo berharap, semua sarana prasarana yang telah dibangun dapat menunjang proses belajar mengajar. Termasuk dapat meningkatkan semangat belajar para siswa untuk produktif, handal dan mandiri.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu proses pembangunan gedung sekolah yang telah berdiri tegak, kokoh dan indah untuk dioperasikan sebagai sekolah vokasi yang handal dan berfungsi sebagai tempat yang produktif di bawah bendera BLUD Plus,” pungkasnya. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...