Jemput Bola, Tim Pansel Capim KPK Sosialisasi di UB Malang

Jemput Bola, Tim Pansel Capim KPK Sosialisasi di UB Malang Hendardi Ketua Tim Pansel saat diwawancarai.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka menjaring calon pimpinan dan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (). Tim panitia seleksi (pansel) calon pimpinan melakukan program jemput bola ke daerah-daerah. 

Hal ini guna melakukan sosialisasi dan mekanisme serta hal-hal yang perlu disiapkan bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai calon pimpinan . Salah satu daerah yang menjadi jujukan pansel adalah Kota Malang. Saat berada di Malang, Tim Pansel melakukan sosialisasi di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Dalam sosialisasi yang bertajuk menjaring calon pimpinan yang berkompeten dan berintegritas dari daerah kali ini dihadiri beberapa organisasi masyarakat sipil, aparat penegak hukum, akademisi, masyarakat dan para tokoh anti korupsi.

Tim Pansel yang diketuai Hendardi kepada awak media mengatakan bahwa upaya jemput bola kali ini untuk memunculkan potensi-potensi para tokoh dari daerah untuk mendaftar sebagai calon pimpinan . "Sudah barang tentu setiap para calon itu memiliki integritas yang tinggi," ujarnya.

"Selain itu, isu pencegahan praktek korupsi juga harus menjadi perhatian dari para capim ," tuturnya.

Terkait hal ini, beberapa pihak juga dilibatkan dalam proses seleksi capim antara lain, BNN dan BNPT. Diakuinya, ini merupakan cara tim pansel untuk mengetahui, apakah para calon pernah tersandung kasus hukum atau pernah tergabung dalam kelompok tertentu yang berseberangan atau berlawanan dengan Ideologi Pancasila. 

"Selain itu agar lembaga terbebas dari intervensi Ideologi. Sedang untuk pendaftaran capim sendiri berlansung sampai 4 Juli mendatang," pungkasnya. (thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO