Kamis, 17 Oktober 2019 23:33

Secara Umum, Pemilu di Bojonegoro Lancar

Sabtu, 01 Juni 2019 23:26 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Secara Umum, Pemilu di Bojonegoro Lancar

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden - Wakil Presiden serta Pemilu legislatif di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, secara umum berjalan sukses. Namun, ada beberapa catatan yang masih perlu diperbaiki pada Pemilu ke depan.

"Di Kabupaten Bojonegoro, pemilu bulan kemarin secara umum berjalan dengan baik, tetapi pemerintah pusat kiranya melakukan evaluasi lagi terkait teknis pelaksanaan yang begitu rumit dan melelahkan," ujar Kepala Bakesbangpol Pemkab Bojonegoro Kusbiyanto saat mengikuti kegiatan Fasilitasi dan Koordinasi dengan Mitra Kerja Bawaslu Paska Pemilu, Sabtu (1/6/19) sore.

Menurut dia, rumitnya proses Pemilu telah mengakibatkan sebanyak lima petugas pemilu di Bojonegoro meninggal dunia, sehingga dia menawarkan solusi supaya pemilu 2024 mendatang dilakukan secara voting.

"Nah itu memungkinkan tidak pada pemilu 2024 nanti (sistem voting by online, red). Karena secara nasional pemilu kemarin kurang baik, banyak penyelenggara yang meninggal dunia karena disebabkan kelelahan," katanya.

Senada diungkapkan Mustofirin, Komisioner Bidang SDM KPU Bojonegoro. Menurut dia, Pemilu di wilayahnya berjalan lancar meski proses yang dilakukan lama.

"Pelaksanaan dari KPU tiga tahun, dari beberapa tahapan di antara yang menguras energi adalah proses verifikasi parpol. Kemudian yang kedua tantangan proses pemutihan data pemilih, ini dilakukan di pleno penetapan sampai DPT penetapan, hasil perbaikan 1 dan 2. Ini yang kemudian cukup menguras tenaga," katanya.

Meski begitu, secara keseluruhan Pemilu di Bojonegoro berhasil. Selain itu, hasil Pemilu di Kota Ledre juga bisa diterima oleh semua pihak. Dia juga mengklaim ada peningkatan jumlah pemilih pada Pemilu kemarin, "Jika dibandingkan dengan pemilu 2014, tahun ini ada peningkatan 82.4 persen," katanya.

Ketua Bawaslu Bojonegoro M. Zaenuri juga mengatakan, tugas pengawasan Pemilu yang dilakukan tidak ada kendala.

"Secara umum memang lancar. Ya, tetapi ada beberapa catatan yang perlu kita lakukan evaluasi bersama. Dan perlu pemahaman, bahwa kerja utama kami memang pengawasan. Kami telah membuka pintu bagi siapapun yang ingin mendatangi kantor Bawaslu, baik konsultasi, pengaduan, ataupun memberikan kritik sekalipun, karena kami lembaga umum," ungkap Zaenuri menambahkan. (nur/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...