Jumat, 13 Desember 2019 17:06

Secara Umum, Pemilu di Bojonegoro Lancar

Sabtu, 01 Juni 2019 23:26 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Secara Umum, Pemilu di Bojonegoro Lancar

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden - Wakil Presiden serta Pemilu legislatif di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, secara umum berjalan sukses. Namun, ada beberapa catatan yang masih perlu diperbaiki pada Pemilu ke depan.

"Di Kabupaten Bojonegoro, pemilu bulan kemarin secara umum berjalan dengan baik, tetapi pemerintah pusat kiranya melakukan evaluasi lagi terkait teknis pelaksanaan yang begitu rumit dan melelahkan," ujar Kepala Bakesbangpol Pemkab Bojonegoro Kusbiyanto saat mengikuti kegiatan Fasilitasi dan Koordinasi dengan Mitra Kerja Bawaslu Paska Pemilu, Sabtu (1/6/19) sore.

Menurut dia, rumitnya proses Pemilu telah mengakibatkan sebanyak lima petugas pemilu di Bojonegoro meninggal dunia, sehingga dia menawarkan solusi supaya pemilu 2024 mendatang dilakukan secara voting.

"Nah itu memungkinkan tidak pada pemilu 2024 nanti (sistem voting by online, red). Karena secara nasional pemilu kemarin kurang baik, banyak penyelenggara yang meninggal dunia karena disebabkan kelelahan," katanya.

Senada diungkapkan Mustofirin, Komisioner Bidang SDM KPU Bojonegoro. Menurut dia, Pemilu di wilayahnya berjalan lancar meski proses yang dilakukan lama.

"Pelaksanaan dari KPU tiga tahun, dari beberapa tahapan di antara yang menguras energi adalah proses verifikasi parpol. Kemudian yang kedua tantangan proses pemutihan data pemilih, ini dilakukan di pleno penetapan sampai DPT penetapan, hasil perbaikan 1 dan 2. Ini yang kemudian cukup menguras tenaga," katanya.

Meski begitu, secara keseluruhan Pemilu di Bojonegoro berhasil. Selain itu, hasil Pemilu di Kota Ledre juga bisa diterima oleh semua pihak. Dia juga mengklaim ada peningkatan jumlah pemilih pada Pemilu kemarin, "Jika dibandingkan dengan pemilu 2014, tahun ini ada peningkatan 82.4 persen," katanya.

Ketua Bawaslu Bojonegoro M. Zaenuri juga mengatakan, tugas pengawasan Pemilu yang dilakukan tidak ada kendala.

"Secara umum memang lancar. Ya, tetapi ada beberapa catatan yang perlu kita lakukan evaluasi bersama. Dan perlu pemahaman, bahwa kerja utama kami memang pengawasan. Kami telah membuka pintu bagi siapapun yang ingin mendatangi kantor Bawaslu, baik konsultasi, pengaduan, ataupun memberikan kritik sekalipun, karena kami lembaga umum," ungkap Zaenuri menambahkan. (nur/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 12 Desember 2019 12:27 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Di penghujung tahun 2019, Jawa Timur Park (JTP) 3 Kota Batu kembali menghadirkan theme park terbaru yang tidak kalah menarik dengan theme park lainnya, yakni Milenial Glow Garden (MGG). Obyek wisata Spektakuler Lighting ...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...