Bupati Huda Ajak Guru Peduli Warga Miskin

Bupati Huda Ajak Guru Peduli Warga Miskin Bupati Tuban saat menandatangani penyerahan zakat oleh para guru.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Tuban H. Fathul Huda mengajak para tenaga pendidik atau guru di bumi wali agar selalu peduli terhadap warga miskin. Ajakan ini disampaikannya seusai menggelar kegiatan Nuzulul Qur'an bersama Dinas Pendidikan setempat di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Jum'at (24/5).

Menurutnya, sesuai pendataan masih ada warga kurang mampu di Kabupaten Tuban yang belum menerima bantuan di bidang pangan dan kesehatan. Jumlahnya mencapai 178.640 jiwa atau sekitar 15,31 persen dari jumlah penduduk di Tuban.

"Karena masih banyaknya jumlah warga miskin, kami minta para guru ini peduli terhadap mereka yang kurang mampu," ujar Bupati.

"Setelah dicermati bersama, ternyata banyak masyarakat miskin yang belum menerima haknya, terutama terkait paket bantuan pangan maupun kesehatan," ungkapnya.

Demi meminimalisir kemiskinan yang ada, Huda akan berupaya menambah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kabupaten minimal 10 ribu untuk melengkapi BPNT yang telah digelontorkan Pemerintah Pusat untuk 90 ribu KPM. Dari sini peran guru diharapkan ikut serta memberi bantuan serupa dana BPNT untuk masyarakat miskin dalam bentuk zakat.

"Kami harap semua masyarakat yang mampu sadar mengeluarkan zakat, dan guru sebagai pelopornya. Karena yang digugu dan ditiru adalah para guru,” serunya.

Dalam kesempatan itu, bupati kelahiran Kecamatan Montong juga mengapresiasi penandatanganan pelaksanaan pendidikan anti korupsi sekaligus penyerahan bukti setor zakat dari Baznas yang dilakukan para guru. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO