Kurang Diminati Masyarakat, Pasar Rakyat Milenial dan Pemilu Run yang Digelar KPU Bangkalan Sepi

Kurang Diminati Masyarakat, Pasar Rakyat Milenial dan Pemilu Run yang Digelar KPU Bangkalan Sepi Sambutan Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jafar saat Pemilu Run di Stadion Gelora Bangkalan (SGB). Tampak hanya ada beberapa penonton di depan panggung.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat menjelang coblosan yang tinggal beberapa hari lagi, KPU Bangkalan menggelar Pasar Rakyat Milenial dan Pemilu Run.

Untuk Pemilu Run diselenggarakan di Stadion Gelora Bangkalan, Ahad (07/04/2019). Sedangkan Pasar Rakyat Milenial dan Pesta Rakyat sudah digelar sejak tanggal 29 Maret hingga 07 April. Acara itu meliputi lomba band, penampilan musik, dan pameran UMKM.

Fauzan Jafar, Ketua KPU Bangkalan berharap melalui kegiatan ini, partisipasi masyarakat dalam Pemilu kali ini bisa meningkat.

Namun, harapan Fauzan tampaknya bertepuk sebelah tangan. Pasalnya, dua event yang digelar KPU Bangkalan itu kurang mendapatkan respons dari masyarakat.

Menurut salah satu peserta Pemilu Run, hanya ratusan orang yang menghadiri acara itu. Begitu juga untuk Pasar Rakyat dan Pesta Rakyat, animo masyarakat juga minim. Kata dia, rendahnya minat masyarakat untuk menghadiri acara itu dikarenakan kurangnya sosialisasi ke masyarakat.

"Mulai lomba band hanya diikuti 12 peserta. Kemudian musik dan UMKM juga sepi pengunjung. Serta Pemilu Run sendiri hanya diikuti ratusan peserta. Itu pun banyak dari anggota keluarga PPK dan PPS. Padahal menghabiskan dana besar," kata pengunjung yang tidak mau disebut namanya itu.

Terkait hal ini, Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jafar mengklaim pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan maksimal. "Justru KPU sudah sosialisasi ke kelompok masyarakat, sekolah, baik di perkotaan dan di daerah. Bahkan kita ada relawan 55," kata Fauzan.

Menurut ia, acara itu bukan satu-satunya event yang digelar KPU untuk menyosialisasikan Pemilu. "KPU sudah melakukan upaya sekuat tenaga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar tanggal 17 April masyarakat berbondong-bondong ke TPS. Sarananya mulai dari media sosial, elektronik dan cetak, dan ini bagian upaya KPU meningkatkan partisipasi masyarakat," jawab Fauzan Jafar yang dihubungi via telepon oleh wartawan bangsaonline.com.

Adapun kegiatan Pemilu Run ini dilepas oleh Bupati Bangkalan Abdul Latif Imron, Wakil Bupati Mohni, Kapolres AKBP Boby P. Tambunan, Dandim Dodot Suging Hariadi, serta segenap Komisioner KPU. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO