Tahun Depan, Pemkab Pasuruan Siap Bangun Kantor OPD di Kompleks Raci

Tahun Depan, Pemkab Pasuruan Siap Bangun Kantor OPD di Kompleks Raci Bupati Pasuruan Pasuruan saat menghadiri acara HUT Satpol PP.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Upaya pemindahan beberapa kantor OPD yang ada di wilayah Kota Pasuruan dan kantor Hayam Wuruk ke wilayah Bangil menjadi prioritas utama. Hal itu untuk memudahkan koordinasi pemusatan pelayanan di satu titik. Hanya saja, rencana tersebut tidak bisa dilakukan pada tahun 2019 ini

Kendala yang dihadapi saat ini adalah kebutuhan anggaran yang cukup besar. Hal tersebut diakui oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf pada BANGSAONLINE.com di sela–sela acara peringatan HUT Satpol PP kemarin. Ia menuturkan rencana untuk memindahkan kantor-kantor OPD yang ada di wilayah Kota Pasuruan ke wilayah Bangil.

Irsyad menambahkan ada beberapa kantor OPD yang masih berada di wilayah kota seperti kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dinas Sosial.

"Pemkab akan upayakan tahun depan bisa membangun kantor baru di wilayah kompleks perkantoran Raci. Kantor itulah yang akan kami gunakan untuk gedung OPD. Seperti kantor Dinas Pariwisata," kata Irsyad.

Lokasi yang akan dipilih tetap di kawasan kompleks Raci karena luas lahan yang ada dianggap masih memungkinkan untuk ditambah satu atau dua gedung lagi. Pihaknya akan mengupayakannya dengan cara mengusulkan ke pemerintah pusat.

Karena anggaran cukup besar, maka tidak mungkin hanya mengandalkan dari APBD. Upaya yang akan dilakukan adalah mengajukan bantuan ke pusat atau juga menggunakan anggaran dana cukai. Karana penerimaan dana cukai di Pasuruan cukup besar dan ada celah untuk dipergunakan kegiatan block grand. Langkah ini berkaitan dengan dengan telah ditetapkannya Bangil sebagai ibu kota.

Dengan penetapan Bangil sebagai Ibu Kota Kabupaten Pasuruan itu, otomatis membuat pekantoran yang semula berada di kota akan dipindah. 

"Pemindahannya akan kami lakukan bertahap. Sekarang sudah ada beberapa kantor yang menempati Bangil. Lainnya akan menyusul.(bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO