Selasa, 17 September 2019 12:23

4.379 Pengawas TPS se-Kabupaten Pasuruan Dilantik

Rabu, 27 Maret 2019 14:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Andy Fachrudin
4.379 Pengawas TPS se-Kabupaten Pasuruan Dilantik
Ketua Bawaslu Kab. Pasuruan M. Nasrup., S.H. bersama para sejumlah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Rembang.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 4.379 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Indonesia resmi dilantik, Senin (25/03/2019) kemarin. Pelantikan dipusatkan di tiap Bawaslu Daerah Kota/Kabupaten, di masing-masing kecamatan.

Komisioner Divisi SDM Bawaslu Pasuruan Puji Mulyono, S.E. mengungkapkan saat ini kebutuhan PTPS di Kabupaten Pasuruan telah terpenuhi setelah melakukan seleksi selama tiga minggu. “Syarat menjadi PTPS ini cukup susah awalnya, karena usia minimal 25 tahun dan ijazah SMA. Tapi dengan berbagai sosialisasi akhirnya berhasil,” terang Puji kepada BANGSAONLINE.com saat ditemui di ruang kerjanya.

(Perwakilan PTPS menandatangani berita acara pelantikan)

Puji Mulyono menyebutkan, 4.379 PTPS ini akan langsung bekerja di tiap wilayah desanya mengawasi tahapan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Sebelum pengawasan, berbagai bimbingan teknis dan pembekalan akan diberikan langsung seusai pelantikan.

“Usai dilantik langsung dapat pembekalan (Bimtek, red). Selesai bimtek langsung bisa mulai bekerja untuk pengawasan,” jelasnya.

Ia menyebutkan bahwa, masa kerja para pengawas TPS ini adalah mulai dari setelah dilantik hingga 7 hari setelah hari pencoblosan (17 April) dilaksanakan.

"Sebelum pencoblosan harus melakukan pemetaan TPS rawan, pengawasan kampanye di hari tenang, pengawasan netralitas ASN, pengawasan netralitas penyelenggara, dalam hal ini KPPS. Pengawas TPS juga mengawasi pergerakan kotak suara di desanya," katanya.

Untuk itu, Puji Mulyono meminta kepada semua PTPS benar benar menjaga asas kerja penyelenggara Pemilu serta bekerja profesional. "Berbagai potensi pelanggaran sejak awal harus dicegah dengan melakukan sosialisasi. Namun ketika ada yang melanggar harus dilaporkan," pungkasnya. (adv/maf/par) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...