Bupati Tuban Hadiri Deklarasi SD BAS sebagai Sekolah Ramah Anak

Bupati Tuban Hadiri Deklarasi SD BAS sebagai Sekolah Ramah Anak Bupati Tuban Fathul Huda menandatangani prasasti sekolah ramah anak SD BAS Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Tuban, H. Fathul Huda menghadiri Deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) SD Bina Anak Sholeh (BAS), Senin (25/03/2019). Acara ini juga dihadiri Kepala Dispendik, Kepala Dinsos P3A, Kepala DLH, Camat Tuban, pimpinan, dan pengurus Yayasan Bina Anak Sholeh.

Di hadapan para siswa, dewan guru, dan pengurus yayasan, Bupati Tuban mengapresiasi upaya yang dilakukan SD BAS dalam mewujudkan SRA yang menjadi konsep baru di dunia pendidikan. Ia berharap konsep ini mampu mewujudkan pendidikan yang bisa membuat murid, guru, dan orang tua tersenyum bahagia.

Namun, ia mengingatkan agar SRA juga didukung infrastruktur yang memadai. "Mulai dari kantin, toilet, maupun fasilitas, atau sarana pendidikan lainnya. Selain itu, diperlukan pengamanan sehingga tidak mengganggu ketertiban," paparnya.

"Tidak hanya itu, lingkungan sekolah yang bersih dan sehat juga perlu diperhatikan. Selain aspek infrastruktur, guru memegang peran penting dalam menentukan kondisi belajar mengajar. Tenaga pengajar harus mengajar dengan kasih sayang," lanjutnya.

"Seorang guru harus menjaga sikapnya, karena menjadi suri teladan. Guru juga harus bisa menjadi teman, tetapi juga tetap harus dihormati," imbuhnya.

Dengan upaya-upaya tersebut, Bupati Huda berharap SRA dapat diwujudkan di sekolah lainnya di Bumi Wali. Hal ini guna mewujudkan kondisi belajar mengajar yang menyenangkan dan nyaman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Nur Khamid, menerangkan bahwa sampai dengan akhir tahun 2018, tercatat SRA untuk tingkat PAUD ada 40 lembaga, tingkat SD sebanyak 89 sekolah, dan tingkat SMP sebanyak 55 sekolah.

Ditargetkan pada tahun 2019, jumlah SRA tingkat PAUD bertambah menjadi 200 lembaga, tingkat SD sejumlah 550 sekolah, dan tingkat SMP sebanyak 90 sekolah. "Kami akan terus berupaya dan mendukung peningkatan jumlah SRA di Kabupaten Tuban," harapnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO