Ribuan Surat Suara di Pacitan Ditemukan Rusak

Ribuan Surat Suara di Pacitan Ditemukan Rusak Proses sortir surat suara masih berlangsung. foto: Yuniardi Sutondo/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINNE.com - masih terus melakukan sortir dan pelipatan kartu suara Pileg dan Pilpres tahun 2019. Hingga Sabtu (23/3) sekira pukul 09.00 WIB, lembaga penyelenggara pemilu tersebut sudah menemukan ribuan surat suara yang rusak, baik untuk pilpres, DPD, dan DPRD. Selain itu, juga banyak surat suara yang kurang.

"Setelah kami cek, memang dari beberapa kardus surat suara ada yang kurang dan ada yang lebih. Sebagai contoh surat suara pilpres, yang seharusnya dalam satu kardus berisikan 2.000 lembar surat suara, namun setelah dibuka ada yang kurang dan juga ada yang lebih. Begitu pun dengan DPD, harusnya ada 500 lembar surat suara, namun banyak juga yang kurang serta lebih," kata Damhudi, Ketua , Sabtu (23/3).

Ia mengungkapkan, sejak dilakukan sortir pada tanggal 17 Maret lalu, setidaknya ditemukan ribuan lembar surat suara tidak sesuai ketentuan. Untuk surat suara pilpres dari jumlah surat suara yang disortir sebanyak 479.825. Hasilnya, ditemukan rusak sebanyak 609 lembar.

Kemudian untuk surat suara DPD, dari sebanyak 478.909 lembar yang disortir, ditemukan rusak sebanyak 1.315 lembar. Sedangkan surat suara DPRD Kabupaten dapil VI, dari sebanyak 108.437 lembar yang disortir, ditemukan rusak sebanyak 174 lembar.

"Pengiriman surat surat tersebut mayoritas banyak yang kurang. Seperti surat suara pilpres, sesuai BAST yang ada mestinya sebanyak 480.483, namun yang terkirim baru sebanyak 479.825. Begitupun dengan surat suara DPD," beber Damhudi.

Sementara itu, untuk proses sortir dan pelipatan surat suara pilpres dan DPD, dimungkinkan hari ini tuntas. Sedangkan untuk surat suara DPRD Dapil VI masih dalam proses berkelanjutan.

"Kita juga masih menunggu droping surat suara yang lain. Direncanakan hari ini datang, namun kita masih menunggu," tandasnya. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO