Selasa, 26 Maret 2019 18:18

Jumlah Peserta Munaqosah Meningkat, Bupati Tuban Bangga

Kamis, 14 Maret 2019 20:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Jumlah Peserta Munaqosah Meningkat, Bupati Tuban Bangga
Bupati Fathul Huda dan Kepala Kemenag Tuban saat memberikan tes pada santri TPQ di Bancar.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Tuban, H Fathul Huda meninjau pelaksanaan Munaqosah se-Kecamatan Bancar dan Tambakboyo di lembaga pendidikan Alquran atau TPQ, pada Kamis (14/03/2019).

Turut hadir pada pelaksanaan Monaqosah kali ini, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban; Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban; Kabag Humas dan Protokol; dan Kabag Kesra Setda Tuban.

Kepada awak media, Bupati Tuban menyampaikan apresiasi dan bangga kepada semua pihak yang telah menyukseskan Munaqosah tahun 2019. "Saya juga berterima kasih kepada seluruh penggerak TPQ, ustad-ustadzah, serta asatid yang telah ikhlas menyukseskan rangkaian munaqosah se-Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Bupati Huda menerangkan, TPQ tidak hanya mengajarkan cara membaca Alquran. Namun, memberikan pengajaran terkait tata cara ibadah secara konkret dan komplit. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya kompetensi bagi pengajar TPQ.

"Selain itu, perlu juga adanya pelatihan tersendiri bagi pengajar," ujar bupati dua periode ini.

Menurut Bupati alumni Ponpes Bahrul Ulum Jombang ini, tilawah tidak hanya membaca, tetapi juga memahami arti dari bacaan dan mengamalkannya. Diharapkan, dengan pengamalan Alquran di setiap sendi kehidupan dapat memberi dampak positif di berbagai sektor, seperti kesehatan, sosial, dan lingkungan.

"Hal ini sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan visi Kabupaten Tuban menjadi masyarakat yang lebih reliqius,” harap Bupati.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban M. Sahid mengungkapkan, kegiatan Munaqosah selaras dengan city-branding yang disusung pemkab, yakni Tuban Bumi Wali, Spirit of Harmony. Di samping itu, sebagai pengejawantahan dari Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tuban nomor 6 tahun 2016 tentang Pendidikan Akhlak Mulia dan Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Tuban Nomor 5 tahun 2018 tentang Gerakan Mengaji.

Apalagi, saat ini sertifikat maupun surat keterangan lulus dari Munaqosah menjadi salah satu persyaratan bagi anak didik di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Diketahui, pada 2019 jumlah peserta Munaqosah TPQ, LPI, Madin, dan Ponpes se-Kabupaten Tuban lebih dari 16.000 santri. Adapun persentase kelulusan lebih dari 75 persen. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 15.248 peserta dengan persentase kelulusan sebesar 68 persen. (gun/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...