Jumat, 24 Mei 2019 05:06

Jumlah Peserta Munaqosah Meningkat, Bupati Tuban Bangga

Kamis, 14 Maret 2019 20:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Jumlah Peserta Munaqosah Meningkat, Bupati Tuban Bangga
Bupati Fathul Huda dan Kepala Kemenag Tuban saat memberikan tes pada santri TPQ di Bancar.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Tuban, H Fathul Huda meninjau pelaksanaan Munaqosah se-Kecamatan Bancar dan Tambakboyo di lembaga pendidikan Alquran atau TPQ, pada Kamis (14/03/2019).

Turut hadir pada pelaksanaan Monaqosah kali ini, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban; Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban; Kabag Humas dan Protokol; dan Kabag Kesra Setda Tuban.

Kepada awak media, Bupati Tuban menyampaikan apresiasi dan bangga kepada semua pihak yang telah menyukseskan Munaqosah tahun 2019. "Saya juga berterima kasih kepada seluruh penggerak TPQ, ustad-ustadzah, serta asatid yang telah ikhlas menyukseskan rangkaian munaqosah se-Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Bupati Huda menerangkan, TPQ tidak hanya mengajarkan cara membaca Alquran. Namun, memberikan pengajaran terkait tata cara ibadah secara konkret dan komplit. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya kompetensi bagi pengajar TPQ.

"Selain itu, perlu juga adanya pelatihan tersendiri bagi pengajar," ujar bupati dua periode ini.

Menurut Bupati alumni Ponpes Bahrul Ulum Jombang ini, tilawah tidak hanya membaca, tetapi juga memahami arti dari bacaan dan mengamalkannya. Diharapkan, dengan pengamalan Alquran di setiap sendi kehidupan dapat memberi dampak positif di berbagai sektor, seperti kesehatan, sosial, dan lingkungan.

"Hal ini sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan visi Kabupaten Tuban menjadi masyarakat yang lebih reliqius,” harap Bupati.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban M. Sahid mengungkapkan, kegiatan Munaqosah selaras dengan city-branding yang disusung pemkab, yakni Tuban Bumi Wali, Spirit of Harmony. Di samping itu, sebagai pengejawantahan dari Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tuban nomor 6 tahun 2016 tentang Pendidikan Akhlak Mulia dan Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Tuban Nomor 5 tahun 2018 tentang Gerakan Mengaji.

Apalagi, saat ini sertifikat maupun surat keterangan lulus dari Munaqosah menjadi salah satu persyaratan bagi anak didik di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Diketahui, pada 2019 jumlah peserta Munaqosah TPQ, LPI, Madin, dan Ponpes se-Kabupaten Tuban lebih dari 16.000 santri. Adapun persentase kelulusan lebih dari 75 persen. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 15.248 peserta dengan persentase kelulusan sebesar 68 persen. (gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...