Senin, 03 Agustus 2020 16:41

SMPN 1 Domas Menganti Ambruk

Rabu, 13 Maret 2019 11:25 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
SMPN 1 Domas Menganti Ambruk
Seorang guru memandangi kondisi bangunan SMPN 1 Domas Menganti setelah ambruk. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sekolah ambruk karena ditengarai bangunan sudah lapuk dimakan usia kembali terjadi di Kabupaten Gresik. Rabu (13/3), Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Domas di Kecamatan Menganti ambruk.

Peristiwa ini menambah daftar panjang sekolah ambruk di Kabupaten Gresik. Sebelumnya, SMPN 2 Kebomas, SMPN 1 Bungah, SDN Sudomoro dan sejumlah sekolah lain lebih dulu mengalami hal serupa.

Adi Widodo (50), Wakil Ketua (Waka) Urusan Sarana dan Prasarana (Sarpras) SMPN 1 Domas kepada wartawan menyatakan, ada 3 kelas yang ambruk. Yaitu, ruang kelas 7B, 7C, dan 7D. Tiga ruangan itu selama ini kondisinya memang memprihatinkan dan tak layak untuk digunakan proses belajar mengajar.

"Alhamdulillah, saat kejadian tak ada korban. Semua siswa telah kita pindahkan," katanya.

Ambruknya tiga ruang kelas, lanjut Adi Widodo, telah dilaporkan ke Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik. "Kondisi sejumlah ruang kelas di SMPN 1 Domas yang tak layak pakai sudah berkali-kali dilaporkan ke Dispendik agar dilakukan perbaikan. Namun, hingga sekarang belum terwujud," ungkapnya.

"Pada 2018, pihak Dispendik pernah menjanjikan anggaran untuk perbaikan cair, namun gagal lelang. Dan, tahun 2019 ini Dispendik kembali berjanji akan memperbaikinya," paparnya.

Sementara ini, Adi Widodo menambahkan, siswa yang ruang kelasnya ambruk diungsikan di ruang Aula dan ruang Laboratorium Fisika. Ia mengatakan jumlah siswa di SMPN 1 Domas cukup banyak, yakni 940 siswa. "Dari 940 siswa kami bagi menjadi 29 kelas," pungkasnya.

Terkait kejadian ini, Ketua Komisi IV DPRD Gresik Khoirul Huda melontarkan kritik keras kepada Pemkab. Menurutnya, hingga tahun 2018 tercatat masih ada ribuan ruang dan gedung sekolah di Kabupaten Gresik yang kondisinya memprihatinkan.

"Ada sebanyak 390 gedung sekolah rusak parah (berat), 530 rusak sedang, 1.010 rusak ringan. Ribuan ruang kelas dan gedung sekolah yang rusak baru sekian persen tersentuh perbaikan oleh Dinas Pendidikan," katanya. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...