Jumat, 19 April 2019 16:28

Bawaslu Kabupaten Pasuruan Rekrut Petugas Pengawas TPS, Ini Jumlah yang Dibutuhkan

Senin, 11 Februari 2019 20:23 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Andy Fachrudin
Bawaslu Kabupaten Pasuruan Rekrut Petugas Pengawas TPS, Ini Jumlah yang Dibutuhkan
Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Muhammad Nasrup, S.H.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Jelang persiapan Pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Bawaslu Kabupaten Pasuruan segera merekrut Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah besar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan Muhammad Nasrup, S.H., yang dikonfirmasi mengatakan, pendaftaran rekrutmen Pengawas TPS untuk Pileg dan Pilpres sudah dibuka sejak Senin 4 Februari lalu, hingga Minggu 10 Februari kemarin.

"Per hari ini dengan durasi 9 hari, mulai tanggal 11 - 21 Februari 2019, Bawaslu menjadwalkan mulai dari pendaftaran, penerimaan, penelitian berkas administrasi, serta wawancara," terangnya.

Untuk wilayah Kabupaten Pasuruan, total pengawas TPS yang dibutuhkan sebanyak 4.371 ribu orang. "Pengawas TPS yang akan ditugaskan satu orang satu TPS pada saat pemungutan dan perhitungan suara," kata M. Nasrup.

Sedangkan pendaftaran sendiri diselenggarakan di kantor Sekretariatan Banwaslu Kecamatan masing-masing se-Kabupaten Pasuruan.

Dijelaskannya, tugas dan fungsi Pengawas TPS sendiri memastikan pada saat pemungutan dan perhitungan suara berjalan dengan baik sesuau pedoman dan peraturan yang ada. "Perlu kita jelaskan juga bahwa tugas Pengawas TPS ini bukan hanya bekerja di hari pemilihan saja, melainkan mulai dari pengawasan pendistribusian logistik," tuturnya.

"Jadi Pengawas TPS juga bertanggungjawab untuk memastikan logistik benar-benar sampai ke beberapa TPS yang sudah di tentukan dengan tepat waktu. Selanjutnya memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan dengan baik dan sesuai aturan berlaku," tambahnya.

Sementara, M. Misbahul Munir, Kordinator Divisi (Kordiv) Sengketa Pemilu Bawaskab Pasuruan. membenarkan adanya perekrutan Pengawas TPS yang dilakukan di 24 kantor Panwascam pada masing0masing kecamatan.

"Untuk persyaratan sendiri normatif, yakni patokan umur (25) tahun, harus netral, nonpartai politik dan berintegritas. Kita berkonsentrasi umur dan ijazah. Kenapa? Ada yang ijazahnya sesuai dan mencukupi, namun umur tidak sesuai. Dan juga ada yang umur mencukupi, tetapi ijazah yang tidak mencukupi," jelasnya .

Misbah menambahkan, bahwa seleksi ini tidak asal pilih saja, karena pendaftar yang mengikuti seleksi harus melalui tes wawancara di sekretariat Panwascam masing-masing kecamatan. Pengawas TPS sendiri akan bekerja saat hari pemungutan suara sampai pemilihan umum selesai

"Karena kita betul-betul menjalankan aturan yang ada, sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh Bawaslu pusat. Kita membutuhkan jumlah yang akan direkrut sesuai dengan jumlah TPS, yakni sebanyak 4.371 ribu orang," katanya.

Ia menegaskan, bahwa tugas pokok pengawas TPS juga mempunyai wewenang untuk menindaklanjuti permasalahan atau temuan yang ada di TPS, senyampang dalam koordinasi dengan Panwas Desa atau Kelurahan (PPDK) dan Panwas Kecamatan (Panwascam) setempat. (maf/par/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...