Senin, 18 Februari 2019 22:28

SMPN 1 Kota Mojokerto Sabet Juara Pendongeng Pelajar Nasional

Minggu, 10 Februari 2019 19:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
 SMPN 1 Kota Mojokerto Sabet Juara Pendongeng Pelajar Nasional
Para pelajar SMP Negeri 1 Kota Mojokerto sedang asyik baca buku perpustakaan di Taman Sekolah.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Sejak tiga tahun yang lalu, program Perpustakaan Ramah Anak telah berjalan di SMP Negeri 1 Kota Mojokerto. Sekolah ini mempunyai 28 tempat perpustakaan yang tersebar di setiap kelas dan sudut-sudut ruangan santai, yang selama ini dimanfaatkan para pelajar dalam menambah perbendaharaan ilmu saat istirahat kelas maupun jam pelajaran berakhir.

Program SMP Negeri 1 Kota yang menggencarkan Taman Baca di Perpus Ramah Anak inilah, membawa nama sekolah ini dapat menyabet Juara Pertama Pendongeng Pelajar Nasional.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kota Mojokerto Mulib S.Pd mengatakan, awalnya sekolah yang dipimpinnya hanya mempunyai satu tempat perpustakaan. Melihat antusias serta ramainya pelajar yang memanfaatkan baca saat istirahat dan selesai pelajaran kelas, sekolah ini kemudian memperbanyak perpustakaan ramah anak yang tersebar di setiap kelas dan sudut ruang terbuka.

Berbagai jenis buku baca tersedia lengkap di setiap perpustakaan, seperti buku dongeng, buku sejarah indonesia maupun dunia, serta buku-buku pelajaran try out persiapan ujian nasional.

Menurut Mulib, di antara aspek dalam mendukung mutu pendidikan serta menciptakan prestasi pelajar adalah tersedianya Perpustakaan Ramah Anak. 

Banyak hal yang sudah dilakukan oleh pihak sekolah dan komite untuk mewujudkan perpustakaan agar menjadi aktif dan menarik minat siswa untuk datang dan membaca di Perpustakaan Ramah Anak. 

"Mulai dari menata ruang perpustakaan dan arahan perilaku positif yang dilakukan para pelajar saat berada di perpustakaan tersebut," terangnya.

Semua yang dilakukannya itu untuk mewujudkan perpustakaan yang berbeda sehingga siswa senang untuk pergi ke perpustakaan, sering berkunjung ke perpustakaan, dan menikmati buku-buku yang mereka baca di perpustakaan, sehingga dapat mendorong untuk meningkatkan kebiasaan membaca mereka serta bisa mendukung prestasi belajar anak.

"Perpustakaan Ramah Anak yang ada di SMP Negeri 1 Kota, sama sekali tidak mengganggu proses belajar mengajar di sekolah ini, justru dapat memperkaya ilmu serta mendukung prestasi anak. Terbukti, salah satu pelajar sekolah ini dapat meraih prestasi nasional sebagai Juara Pertama Lomba Dongeng Pelajar Nasional," tegasnya. (ris/ian)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Rabu, 06 Februari 2019 13:59 WIB
JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menambah jumlah destinasi wisata buatan, sebuah desa di Jombang mengembangkan destinasi wisata tanaman. Di areal wisata ini, pengelola menyuguhkan ratusan aneka tanaman bunga yang menarik dan indah. Selain keindahan wisata...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Februari 2019 10:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU, 13 Februari 2019 ini, Bude Khofifah Indar Parawansa dan Mas Emil E. Dardak dilantik di Istana Negara sebagai Gubernur-Wakil Gubernur periode 2019-2024. Ucapan selamat dan senyum mengembang diragam kesempatan beliau yang me...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...