Jumat, 19 Juli 2019 22:20

SMPN 1 Kota Mojokerto Sabet Juara Pendongeng Pelajar Nasional

Minggu, 10 Februari 2019 19:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
 SMPN 1 Kota Mojokerto Sabet Juara Pendongeng Pelajar Nasional
Para pelajar SMP Negeri 1 Kota Mojokerto sedang asyik baca buku perpustakaan di Taman Sekolah.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Sejak tiga tahun yang lalu, program Perpustakaan Ramah Anak telah berjalan di SMP Negeri 1 Kota Mojokerto. Sekolah ini mempunyai 28 tempat perpustakaan yang tersebar di setiap kelas dan sudut-sudut ruangan santai, yang selama ini dimanfaatkan para pelajar dalam menambah perbendaharaan ilmu saat istirahat kelas maupun jam pelajaran berakhir.

Program SMP Negeri 1 Kota yang menggencarkan Taman Baca di Perpus Ramah Anak inilah, membawa nama sekolah ini dapat menyabet Juara Pertama Pendongeng Pelajar Nasional.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kota Mojokerto Mulib S.Pd mengatakan, awalnya sekolah yang dipimpinnya hanya mempunyai satu tempat perpustakaan. Melihat antusias serta ramainya pelajar yang memanfaatkan baca saat istirahat dan selesai pelajaran kelas, sekolah ini kemudian memperbanyak perpustakaan ramah anak yang tersebar di setiap kelas dan sudut ruang terbuka.

Berbagai jenis buku baca tersedia lengkap di setiap perpustakaan, seperti buku dongeng, buku sejarah indonesia maupun dunia, serta buku-buku pelajaran try out persiapan ujian nasional.

Menurut Mulib, di antara aspek dalam mendukung mutu pendidikan serta menciptakan prestasi pelajar adalah tersedianya Perpustakaan Ramah Anak. 

Banyak hal yang sudah dilakukan oleh pihak sekolah dan komite untuk mewujudkan perpustakaan agar menjadi aktif dan menarik minat siswa untuk datang dan membaca di Perpustakaan Ramah Anak. 

"Mulai dari menata ruang perpustakaan dan arahan perilaku positif yang dilakukan para pelajar saat berada di perpustakaan tersebut," terangnya.

Semua yang dilakukannya itu untuk mewujudkan perpustakaan yang berbeda sehingga siswa senang untuk pergi ke perpustakaan, sering berkunjung ke perpustakaan, dan menikmati buku-buku yang mereka baca di perpustakaan, sehingga dapat mendorong untuk meningkatkan kebiasaan membaca mereka serta bisa mendukung prestasi belajar anak.

"Perpustakaan Ramah Anak yang ada di SMP Negeri 1 Kota, sama sekali tidak mengganggu proses belajar mengajar di sekolah ini, justru dapat memperkaya ilmu serta mendukung prestasi anak. Terbukti, salah satu pelajar sekolah ini dapat meraih prestasi nasional sebagai Juara Pertama Lomba Dongeng Pelajar Nasional," tegasnya. (ris/ian)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...