Tiga Titik Tanggul Kali Sadar Jebol, Banjir Besar Ancam Kota Mojokerto

Tiga Titik Tanggul Kali Sadar Jebol, Banjir Besar Ancam Kota Mojokerto Ambrol beruntun, setelah dua tanggul di Kuti, giliran tanggul Ngaglik ambrol. Diduga, kerusakan ini akibat pengerukan BBWS yang tidak memperhatikan keberadaan plengsengan di atasnya. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Banjir besar kini menghantui Kota . Keberadaan Sungai Sadar yang membagi dua kawasan Kota Onde-onde ini menjadi momok menakutkan yang mengancam kehidupan warga setempat. Potensi bencana ini menyusul meluasnya kerusakan tanggul sungai pasca normalisasi sungai tersebut oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas tahun 2018 lalu.

Saat ini, tercatat tiga titik tanggul sungai di kawasan perkotaan, jebol. Selebihnya, dalam kondisi kritis. Terakhir, sebuah plengsengan di Lingkungan Ngaglik, Kelurahan Miji Baru, Kecamatan Kranggan, ambrol. Lokasinya berapa tepat di sebelah rumah dinas Kapolres Kota.

Area tebing yang longsor mencapai kurang lebih 15 meter. Dinas Polisi Pamong Praja (Pol PP) setempat segera membentangkan garis tanda bahaya di lingkungan rawan tersebut usai ambrol Jumat (25/1).

"Kita sudah memberi Pol PP line pada tanggul yang jebol. Upaya kita yakni mendesak kepada BBWS agar memperbaiki tanggul yang rusak. Kedua, kita mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di bibir sungai untuk mengurangi tingkat kerawanan di daerah tanggul yang kritis," jelas Hatta Amrullah Kabid Keamanan dan Ketertiban (Trantib) Dinas Pol PP Kota , petang ini (25/1).

Hatta tak menampik adanya potensi bencana yang mengancam wilayahnya. "Patut diwaspadai adalah tanggul di Lingkungan Kuti, Kelurahan Gunung Gedangan. Persoalannya bibir tanggul di daerah timur itu tipis. Sehingga mengancam keselamatan warga yang berada di sekitaran tanggul," urainya lebih lanjut.

Dengan kejadian ambrolnya bibir tanggul di daerah Ngaglik, kerusakan tebing sungai tercatat ada sebanyak tiga titik. Selebihnya berada di daerah Kuti, Gunung Gedangan.

Sekadar diketahui, proses pengerukan sedimentasi Sadar berikut perbaikan tanggul sungai, pembuatan sudetan dan pembangunan rumah pompa telah melewati Kota ini dan saat ini telah bergerak di wilayah Kecamatan Mojosari, Kabupaten . Besaran anggaran normalisasi dari Pusat ini mencapai besaran kurang lebih Rp 350 miliar.

Pada Selasa malam (22/1), sebuah tanggul sungai Sadar di Lingkungan Kuti, Kelurahan Gunung Gedangan, ambrol. Tak main-main, panjang permukaan tanggul yang longsor mencapai kurang lebih 20 meter.

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO