Lima Kepala OPD Kosong, Pemkab Sidoarjo Gelar Lelang Jabatan

Lima Kepala OPD Kosong, Pemkab Sidoarjo Gelar Lelang Jabatan PENGUKUHAN: Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah melantik sejumlah kepala OPD di Pendopo Delta Wibawa, 9 Januari 2019 lalu. foto: Istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - segera melelang jabatan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kosong. Lelang jabatan ini terbuka bagi ASN luar Sidoarjo.

Sekda Sidoarjo Achmad Zaini menyatakan, kini Pemkab tengah membentuk Panitia Seleksi (Pansel). Pansel terdiri dari Pemprov, Pemkab, dan akademisi. “Minimal lima orang dan jumlahnya harus ganjil,” kata Achmad Zaini, Selasa (22/1).

Kata Zaini, semua ASN yang memenuhi syarat bisa ikut mendaftar. Termasuk ASN dari pemkot maupun pemkab lain yang memiliki syarat menduduki jabatan eselon II. “Setelah Pansel terbentuk, pendaftaran dibuka,” bebernya.

Menurutnya, Pansel ditarget terbentuk awal Februari. Sehingga akhir Maret nanti Pansel sudah menghasilkan nama untuk menjabat Kepala di lima OPD dan Asisten II. “Paling lama dua bulan sudah ada penilaian terbaik,” katanya.

Lima jabatan Kepala OPD yang kosong, yakni Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Kepegawaian Daerah dan Inspektorat. Selain itu, Asisten II juga masih kosong.

Bupati H Saiful Ilah berharap proses seleksi yang dilakukan Pansel, berjalan obyektif. Seleksi harus diikuti oleh ASN yang memiliki kemampuan di OPD yang didaftar. “Saya ingin OPD kosong diisi pejabat mumpuni,” tandasnya.

Bupati lalu mencontohkan, jabatan Kadis PU Bina Marga dan Sumber Daya Air, harus diisi oleh pejabat yang memiliki dasar teknik. Sehingga diharapkan bisa sesuai bidang tugas yang ditanganinya.

Dengan demikian, kata Bupati, pejabat yang lolos seleksi dan mengisi Kepala OPD yang kosong, bisa langsung bekerja maksimal. Dan Pansel nantinya yang bertugas melihat hasil nilai dan kemampuan calon kepala OPD. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO