Rabu, 12 Agustus 2020 04:15

Diluncurkan Sejak Oktober 2018, KMP DBS III Belum Dioperasikan

Senin, 21 Januari 2019 00:36 WIB
Editor: Rosihan Choirul Anwar
Wartawan: Sahlan
Diluncurkan Sejak Oktober 2018, KMP DBS III Belum Dioperasikan
Badrul Aini, Anggota Komisi II DPRD Sumenep yang juga warga Kepulauan.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Kapal Baru Saranasegara Indonesia (ASSI) resmi diluncurkan akhir Oktober 2018. Namun, kapal baru tersebut sampai saat ini belum dioperasikan. Alasannya, surat perizinan bungker belum keluar.

Selain itu, buku kuota bahan bakar minyak (BBM) juga belum keluar. Setiap pengisian BBM harus ada buku bungker, karena KMP DBS III disii BBM bersubsidi.

Anggota Komisi II DPRD Sumenep Badrul Aini mengutarakan, pemkab tidak ada alasan untuk tidak mengoperasikan KMP (Kapal Motor Penumpang) DBS (Dharma Bahari Sumekar) III. Sebab, Bupati A Busyro Karim sudah melantik dua direksi PT Sumekar. ”Yang penting DBS III segera dioperasikan. Karena terlalu lama dibiarkan tidak jelas,” kata dia.

Belum beroperasinya DBS III menjadi pertanyaan dan keluh kesah warga kepulauan. Terlebih, musim penghujan dan cuaca buruk seperti sekarang ini.

Tentu kehadiran DBS III itu untuk menjawab kebutuhan transportasi masyarakat kepulauan saat cuaca tidak bersahabat atau ketinggian ombak di atas rata-rata. ”Setelah datang itu, (DBS III, Red), kita hanya bisa melihat DBS III terapung-apung yang sedang ditambat,” ujar Badrul yang juga warga Kepulauan.

Padahal, kapal itu sangat dibutuhkan warga, utamanya warga kepulauan. Saat ini banyak transportasi laut tidak bisa berlayar karena terkendala karena cuaca yang sering kali tidak bersahabat. ”Saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kepulauan. Tapi kenyataannya hingga sekarang belum beroperasi,” ungkapnya.

Badrul menambahkan, sebelumnya DBS III tidak kunjung dioperasikan karena masih proses rekrutmen anak buah kapal (ABK). Namun, beberapa hari lalu ternyata digunakan safari kepulauan oleh bupati dan rombongan. ”Kunjungan bupati ke kepulauan menggunakan DBS III kok ada ABK-nya yang lengkap dengan nakhodanya juga,” terangnya.

”Kami sebagai mitra BUMD sangat kecewa atas tidak beroperasinya DBS III,” ucapnya.

Alasan lain yang pernah dia dengar karena tidak ada dirutnya. Alasan itu terkesan mengada-ada karena DBS I beroperasi. Badrul mengaku bingung belum beroperasinya DBS. Padahal sudah hampir empat bulan lalu KMP DBS III dilaunching.

Untuk itu, ia berharap dengan dilantiknya direksi baru PT Sumekar bisa membuat KMP DBS III yang menghabiskan Rp 39 miliar itu segera beroperasi. ”Kami kecewa karena tidak kunjung dioperasikan,” imbuhnya. ”Ini kan ironi dan lucu. Akhirnya hanya dipergunakan untuk mancing sama orang-orang,” katanya.

Terpisah, Direktur Utama PT Sumekar Moh Syafie kepada awak media saat dikonfirmasi, berjanji secepatnya KMP DBS III akan segera dioperasikan. ”Ya, targetnya awal Februari,” katanya. (aln/ros)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...