Jumat, 23 Agustus 2019 08:56

Diluncurkan Sejak Oktober 2018, KMP DBS III Belum Dioperasikan

Senin, 21 Januari 2019 00:36 WIB
Editor: Rosihan Choirul Anwar
Wartawan: Sahlan
Diluncurkan Sejak Oktober 2018, KMP DBS III Belum Dioperasikan
Badrul Aini, Anggota Komisi II DPRD Sumenep yang juga warga Kepulauan.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Kapal Baru Saranasegara Indonesia (ASSI) resmi diluncurkan akhir Oktober 2018. Namun, kapal baru tersebut sampai saat ini belum dioperasikan. Alasannya, surat perizinan bungker belum keluar.

Selain itu, buku kuota bahan bakar minyak (BBM) juga belum keluar. Setiap pengisian BBM harus ada buku bungker, karena KMP DBS III disii BBM bersubsidi.

Anggota Komisi II DPRD Sumenep Badrul Aini mengutarakan, pemkab tidak ada alasan untuk tidak mengoperasikan KMP (Kapal Motor Penumpang) DBS (Dharma Bahari Sumekar) III. Sebab, Bupati A Busyro Karim sudah melantik dua direksi PT Sumekar. ”Yang penting DBS III segera dioperasikan. Karena terlalu lama dibiarkan tidak jelas,” kata dia.

Belum beroperasinya DBS III menjadi pertanyaan dan keluh kesah warga kepulauan. Terlebih, musim penghujan dan cuaca buruk seperti sekarang ini.

Tentu kehadiran DBS III itu untuk menjawab kebutuhan transportasi masyarakat kepulauan saat cuaca tidak bersahabat atau ketinggian ombak di atas rata-rata. ”Setelah datang itu, (DBS III, Red), kita hanya bisa melihat DBS III terapung-apung yang sedang ditambat,” ujar Badrul yang juga warga Kepulauan.

Padahal, kapal itu sangat dibutuhkan warga, utamanya warga kepulauan. Saat ini banyak transportasi laut tidak bisa berlayar karena terkendala karena cuaca yang sering kali tidak bersahabat. ”Saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kepulauan. Tapi kenyataannya hingga sekarang belum beroperasi,” ungkapnya.

Badrul menambahkan, sebelumnya DBS III tidak kunjung dioperasikan karena masih proses rekrutmen anak buah kapal (ABK). Namun, beberapa hari lalu ternyata digunakan safari kepulauan oleh bupati dan rombongan. ”Kunjungan bupati ke kepulauan menggunakan DBS III kok ada ABK-nya yang lengkap dengan nakhodanya juga,” terangnya.

”Kami sebagai mitra BUMD sangat kecewa atas tidak beroperasinya DBS III,” ucapnya.

Alasan lain yang pernah dia dengar karena tidak ada dirutnya. Alasan itu terkesan mengada-ada karena DBS I beroperasi. Badrul mengaku bingung belum beroperasinya DBS. Padahal sudah hampir empat bulan lalu KMP DBS III dilaunching.

Untuk itu, ia berharap dengan dilantiknya direksi baru PT Sumekar bisa membuat KMP DBS III yang menghabiskan Rp 39 miliar itu segera beroperasi. ”Kami kecewa karena tidak kunjung dioperasikan,” imbuhnya. ”Ini kan ironi dan lucu. Akhirnya hanya dipergunakan untuk mancing sama orang-orang,” katanya.

Terpisah, Direktur Utama PT Sumekar Moh Syafie kepada awak media saat dikonfirmasi, berjanji secepatnya KMP DBS III akan segera dioperasikan. ”Ya, targetnya awal Februari,” katanya. (aln/ros)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...