Minggu, 21 April 2019 02:13

Sejumlah OPD di Pacitan Belum Bisa Operasikan Aplikasi LikIn

Kamis, 17 Januari 2019 14:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Sejumlah OPD di Pacitan Belum Bisa Operasikan Aplikasi LikIn
Rachmad Dwiyanto, Kepala Diskominfo Pacitan. foto: YUNIARDI S/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pasca dilaunching pada November tahun lalu, ternyata belum semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Pacitan bisa mengoperasikan aplikasi LikIn.

Hal ini seperti yang diungkapkan salah seorang pejabat di salah satu badan di Pemkab Pacitan. "Ini justru akan berdampak kalau tetap dipaksakan pelaksanannya. Sebab fakta di lapangan memang masih banyak OPD yang gagap memahami aplikasi baru tersebut," ujarnya seraya meminta agar namanya tidak dipublikasikan, Kamis (17/1).

"Titik berat persoalannya bukan pada mekanisme akuntansi yang diterapkan di aplikasi. Namun persoalan penganggaran yang masih banyak tidak dipahami oleh OPD. Kalau tetap dipaksakan, justru kasihan Pak Bupati. Sebab takutnya, ketidakpahaman ini justru berpotensi memunculkan persoalan hukum," bebernya.

Terpisah, Kepala Dishubkominfo Pacitan Rachmad Dwiyanto menegaskan bahwa aplikasi LikIn justru akan memudahkan semua OPD dalam melaksanakan semua kegiatan yang berbasiskan anggaran. "Kalau dulu, di awal tahun anggaran mungkin hampir semua OPD belum bisa menyerap anggaran. Namun dengan aplikasi LikIn, di awal tahun diharapkan sudah bisa menyerap anggaran dengan uang persediaan (UP). Bahkan mulai hari ini semua OPD, harusnya sudah bisa menyerap anggaran kegiatannya," terangnya.

Terkait adanya keluhan pejabat yang belum bisa mengoperasikan aplikasi LikIn, Rachmad menilai hal itu dipengaruhi faktor sumber daya manusia (SDM) yang ada di masing-masing OPD.

"Kemarin kita sudah melakukan koordinasi dengan semua OPD. Hanya saja, surat undangan memang disampaikan melalui SMS gateway serta melalui grup WhatsApp semua kepala OPD. Mungkin di situ, ada OPD yang tidak hadir," bebernya.

Kalau pun masih ada OPD yang gagap dalam menjalankan aplikasi LikIn, Rachmad meminta agar berkoordinasi dengan BPKAD dan Diskominfo. "Akan kami berikan bimbingan dan pemahaman sampai mereka benar-benar paham dan mengerti tentang aplikasi LikIn," tegasnya.

Sementara itu sebagaimana diketahui, aplikasi LikIn sengaja dibesut dengan harapan untuk lebih mempermudah proses perencanaan dan penganggaran. Selain itu juga sebagai satu aksi pencegahan tindak pidana korupsi dengan dilandasi perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang cukup pesat diera sekarang ini. (yun/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...