Minggu, 20 Januari 2019 23:21

Persyaratan Berat, Pemekaran Kecamatan di Pacitan Sulit Terealisasi

Jumat, 11 Januari 2019 13:44 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Persyaratan Berat, Pemekaran Kecamatan di Pacitan Sulit Terealisasi
Muhammad Chusnul Faozi, Kasubbag Pembinaan Wilayah Bagian Pemerintahan dan Kerja Sama.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Pacitan sepertinya masih sangat kesulitan untuk melakukan pemekaran wilayah kecamatan guna lebih mendekatkan pelayanan pada masyarakat. Bahkan rencana yang pernah dibesut tahun lalu itu, sepertinya sulit terwujud.

Kasubag Pembinaan Wilayah Bagian Pemerintahan dan Kerja Sama Setkab Pacitan, Muhamad Chusnul Faozi mengatakan, awalnya Kecamatan Pacitan memang diwacanakan untuk dimekarkan menjadi Kecamatan Pacitan Barat dan Timur. Sebab secara administratif, ketentuan minimal desa sudah terpenuhi.

"Di Kecamatan Pacitan itu terdiri dari 20 desa dan lima kelurahan. Dengan begitu, syarat minimal desa sejatinya sudah terpenuhi untuk dilakukan pemekaran wilayah," katanya, Jumat (11/1).

Namun, hal itu sepertinya hanya sebatas rencana. Pasalnya, pemerintah dengan PP 17/18 tentang Kecamatan, kembali memberikan syarat yang dinilai cukup memberatkan agar sebuah kecamatan itu bisa dimekarkan. Selain minimal jumlah desa, juga jumlah penduduk yang disyaratkan minimal 6 ribu jiwa di setiap desa.

"Awalnya hanya mempertimbangkan exsisting desa di kecamatan dimaksud. Sepanjang jumlah minimal desa terpenuhi, pemekaran bisa dilakukan. Namun sekarang ini ada penambahan syarat minimal jumlah penduduk, yaitu 6 ribu jiwa di setiap desa. Sedangkan desa-desa di Kecamatan Pacitan jumlah penduduknya cukup bervariatif. Ada desa yang lebih dari 6 ribu jiwa, juga ada desa yang jumlah penduduknya kurang dari 6 ribu jiwa," beber Chusnul.

Terkait penambahan prasyarat tersebut, tentu hal yang tidak mungkin pemekaran kecamatan akan bisa dilaksanakan. "Ya kita terbentur dengan aturan. Sehingga sulit untuk dilaksanakan pemekaran tersebut," tandasnya. (yun/ns)

Jumat, 28 Desember 2018 23:10 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kampung Toronan Semalam yang berada di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura memiliki keindahan tersendiri yang bisa dinikmati para wisatawan. Kampung ini cukup unik lantaran bunga Sakura yang kerap...
Rabu, 16 Januari 2019 09:58 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*17 JANUARI 2019 diagendakan pagelaran akbar berdemokrasi yang konon dinanti banyak orang. Konon saja mengingat situasinya sudah dipahami oleh khalayak mengenai materi yang diperbincangkan, bukan yang diperdebatkan. Inilah pe...
Sabtu, 19 Januari 2019 12:37 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 20-22 20. kullan numiddu haaulaa-i wahaaulaa-i min ‘athaa-i rabbika wamaa kaana ‘athaau rabbika mahtsuuraanKepada masing-masing (golongan), baik (golongan) ini (yang menginginkan dunia) maupun (gol...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...