Hampir Rp 1 M, Uang Rakyat Pacitan untuk Beli Rokok Tiap Hari

Hampir Rp 1 M, Uang Rakyat Pacitan untuk Beli Rokok Tiap Hari Ilustrasi

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Konsumsi rata-rata penduduk laki-laki dewasa di terhadap disinyalir masih cukup tinggi. Tiap hari, hampir Rp 1 miliar total pendapatan masyarakat habis untuk membeli sebungkus .

Hal ini disampaikan Widarto, salah seorang pelaku usaha pabrik lintingan di . Ia mengungkapkan, sedikitnya 40 persen penduduk laki-laki dewasa di merupakan pe aktif.

"Jumlah penduduk laki-laki dewasa kita berapa, tinggal mengalikan Rp 10.000, itu harga rata-rata sebungkus sebagai indikator pengali," katanya, Jumat (11/1).

Sementara itu merujuk data, jumlah penduduk laki-laki dewasa di tercatat sebanyak 233.201 jiwa. Bila jumlah tersebut dikalikan harga satu bungkus (ditaksir senilai Rp 10.000) akan ketemu angka Rp 932.804.000 atau setara dengan 1.119.360 batang, kalau diambil rata-rata untuk satu bungkus berisikan 12 batang.

Menyikapi fenomena masih tingginya ketergantungan masyarakat terhadap asap , Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Wawan Kasiyanto, hanya bisa geleng kepala. Menurutnya, persoalan cukup dilematis. Di satu sisi, pemerintah getol mengampanyekan dampak dari bahayanya bagi kesehatan, namun di sisi lain, pemerintah juga terbantu dengan adanya cukai.

"Coba seandainya tidak ada dana bagi hasil cukai, mungkin rumah sakit kita belum semegah itu. Harus diakui, ini ibarat bermuka dua. Satu sisi, kita harus getol memberikan pemahaman akan dampak negatif dari . Namun di sisi lain, kita bakal kesulitan membangun infrastruktur tanpa ada dana bagi hasil cukai," ujar Wawan di tempat terpisah.

Meski begitu, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan mengedepankan pola hidup sehat. Tentu salah satunya dengan menghindari asap . "Belanjakan pendapatan untuk keperluan yang lebih bermanfaat, terutama ketercukupan gizi keluarga," pesannya. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO