Kamis, 28 Mei 2020 08:33

​Ponpes Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Gelar MHQ Tingkat Nasional ke-6

Jumat, 04 Januari 2019 17:52 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
​Ponpes Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Gelar MHQ Tingkat Nasional ke-6
Pembukaan MHQ yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Drs. Khalil Asy'ari dan para pengurus Ponpes Darul Ulum Banyuanyar Poto'an Kecamatan Palengaan, Kab. Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan menggelar Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) tingkat Nasional ke-6, Jumat (04/01/19).

Kegiatan yang digawangi SMP-SMA Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar ini dilaksanakan di halaman madrasah dan diikuti 646 peserta yang datang dari berbagai penjuru nusantara.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Ketua Umum Pengurus Bidang Madrasiyah Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag mengatakan, keikutsertaan para penghafal Al Quran dalam event ini adalah suatu kebanggaan dan bertujuan untuk meningkatkan tali silaturrahmi guna menjalin kerja sama dalam musabaqoh tingkat nasional.

"Berbagai daerah se-Indonesia dapat mendelegasikan putra dan putrinya guna menunjukkan keberhasilan menghafal Al-Quran. Sehingga dipandang perlu persaingan-persaingan ini tetap terlaksana hingga tingkat Internasional," ujarnya.

Lebih lanjut Zainuddin menuturkan, dalam persaingan tentu ada kemenangan dan kekalahan. Namun dengan berhasil menghafal kalam Illahi ini adalah sesungguhnya kemenangan sejati.

"Kemenangan yang sesungguhnya ialah apabila kita menghafal Al-Quran, Allah akan menghadiahkan syurga kelak di akhirat," ungkap Direktur Pascasarjana IAIN Madura tersebut

Dalam kesempatan itu, ia sangat berharap ada perhatian khusus dari pemerintah, termasuk beasiswa dan hal lainnya sehingga menjadi motivasi bagi penghafal alquran. "Semoga ada perhatian dari pemerintah, tidak hanya beasiswa saja yang menjadi motivasi. Kegiatan Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) bisa menjadi program bagi pemerintah untuk dipandang perlu dalam pendidikan," tandas Zainuddin.

Sementara Ketua Umum Pengurus Pondok Pesantren, Drs. H. Moh. Khalil Asy'ari menyampaikan, kegiatan ini diharap menjadi pemantik agar semua kalangan dapat gemar membaca Al-Quran. Selain itu bagaimana terus terjalin tali silaturrahim yang kuat.

"Semoga kegiatan ini menjadi pemantik semangat kita agar senantiasa gemar membaca Al-Quran," tutur mantan wakil bupati Pamekasan tersebut.

Khalil menilai perhatian pemerintah masih kurang terhadap para hafizh. "Buktinya, kadang penghafal Al-Quran terbaik di Indonesia berhasil di tingkat Internasional, namun tidak ada upaya untuk memberikan hadiah sebagaimana hadiah-hadiah yang biasa diberikan pemerintah untuk para atlet-atlet bangsa yang juara tingkat internasional," ungkapnya.

"Namun, Al-Quran tidak identik dengan itu. Melainkan identik degan kesabaran dan keikhlasan, dengan tidak selalu mengharap pamrih, selain keutamaan yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wata'ala," pungkasnya.

MHQ ke-6 tingkat Nasional 2019 diikuti 646 peserta dengan perincian 233 kategori putri dan 413 kategori putra dengan hadiah utama umroh. (err/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...