Pengungsi Eksodus Gempa Palu di Tuban Terima Bantuan dari Pemkab

Pengungsi Eksodus Gempa Palu di Tuban Terima Bantuan dari Pemkab Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos-P3A Kabupaten Tuban Harsono Tri Asworo menyerahkan bantuan pada pengungsi.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan Kepala Keluarga (KK) dan ratusan jiwa masyarakat Kabupaten Tuban yang menjadi korban bencana gempa bumi dan Tsumani di Palu, Sulawesi Tengah beberapa bulan lalu, akhirnya menerima bantuan dari pemerintah kabupaten setempat.

Penyerahan bantuan langsung dilakukan oleh Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinsos-P3A Kabupaten Tuban, Harsono Tri Asworo kepada para pengungsi di Pendopo Kecamatan Plumpang, Rabu (19/12).

Menurut Harsono Tri Asworo, bantuan itu diberikan kepada mereka yang telah didata sebelumnya oleh pihak desa melalui rekomendasi dari Camat dan Dinas Sosial. "Ada lima desa yang menjadi tempat menetapnya para pengungsi Palu, total sebanyak 97 KK dan 310 jiwa. Dengan rincian, Desa Sumberagung sebanyak 102 jiwa dari 34 KK, Desa Magersari terdapat 92 jiwa dari 29 KK, dan Desa Penidon ada 77 jiwa dari 19 KK. Selanjutnya Desa Kedungsoko terdapat 7 jiwa dari 2 KK, sementara Desa Plandirejo ada 32 jiwa dari 13 KK," jelasnya.

Selain berupa uang tunai, bantuan juga berbentuk usaha pelayanan administrasi kependudukan dan kelembagaan dengan berkoordinasi dengan dinas terkait. "Kita akan bantu mempermudah dalam kepengurusan KTP bagi mereka yang akan pindah domisili. Selain itu, juga kita berusaha Koordinasi dengan Diknas dan Kemenag agar administrasi kelembagaan secara formal segera terselesaikan bagi anak-anak pengungsi," imbuhnya.

Ia mengimbau, agar pihak desa dan kecamatan saling berkoordinasi untuk validasi data tambahan bagi pengungsi yang belum masuk dalam pendataan. Selanjutnya, penyaluran bantuan juga akan dilakukan terhadap pengungsi lainnya yang menetap di kecamatan-kecamatan lain. "Semoga bantuannya bermanfaat," harapnya.

Salah satu pengungsi asal Desa Magersari, Busri, mengaku bersyukur bisa mendapatkan bantuan dari . "Terima kasih pada Tagana dan Dinas Sosial Tuban, bantuan ini sangat bermanfaat," ungkapnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO