Senin, 23 September 2019 14:54

Kunjungan ke Empat Ponpes di Jombang, Jokowi: Sumbangsih Ulama dan Kiai untuk Bangsa Sangat Besar

Selasa, 18 Desember 2018 18:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Kunjungan ke Empat Ponpes di Jombang, Jokowi: Sumbangsih Ulama dan Kiai untuk Bangsa Sangat Besar
Jokowi di makam KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahid Hasyim, dan KH. Abdurrahman Wahid. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo di Jombang, Jawa Timur, berlangsung cukup lama. Sebab, Jokowi dijadwalkan mengunjungi beberapa Pondok Pesantren, Selasa (18/12/2018).

Di antaranya Pesantren Darul Ulum di Desa Rejoso Kecamatan Peterongan, Pesantren Tebuireng, Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar dan Pondok Pesantren Tambakberas , Jombang.

(Presiden Jokowi menabur bunga di makam Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur)

Dalam kunjungannya ini, Presiden Jokowi pertama kali telah meresmikan Rusunawa di Pondok pesantren Darul Ulum. Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari di lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng dan ziarah ke makam Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

(Jokowi mendapatkan penjelasan Islamisasi di berbagai daerah saat menugnjungi Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy'ari di Ponpes Tebuireng)

Presiden Jokowi mengakui besarnya sumbangsih para ulama dan kiai untuk bangsa. Menurutnya, kemerdekaan Indonesia salah satunya merupakan perjuangan dari para ulama.

“Saya perlu ingatkan bahwa Indonesia yang kita miliki sekarang dengan bentuk NKRI berlandaskan ideologi pancasila sejatinya turut dibentuk oleh para ulama, santri, dan umat Islam bersama-sama dengan elemen bangsa lainya,” kata Jokowi saat meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari, di Tebuireng.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan akan persatuan dan kerukunan yang merupakan aset terbesar bangsa indonesia. Sehingga, dia meminta kepada masyarakat dan seluruh umat islam untuk menjaga kerukunan dan ukuwah islamiyah.

“Bangsa kita ini adalah bangsa yang majemuk, beragam, berbeda-beda, warna-warni, baik beda suku, agama, adat tradisi dan bahasa daerahnya,” tegasnya.

Usai dari Tebuireng, Jokowi akan melanjutkan kunjungannya di Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Denanayar, dan Tambakberas, Jombang. Di dua Pesantren ini Presiden akan meresmikan Bank Wakaf Mikro dan bersilaturahmi dengan sejumlah kiai serta masyarakat Jombang. (ony/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Senin, 23 September 2019 13:14 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. Inna ‘ibaadii laysa laka ‘alayhim sulthaanun wakafaa birabbika wakiilaan“Sesungguhnya (terhadap) hamba-hamba-Ku, engkau (Iblis) tidaklah dapat berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Tuhanmu sebagai penjaga...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...