Selasa, 26 Mei 2020 06:45

​Gandeng Lapindo Brantas, 'Sidoarjo Positif' Gelar Pelatihan Marketing Produk UKM

Sabtu, 15 Desember 2018 13:00 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
​Gandeng Lapindo Brantas,

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Kepemudaan Sidoarjo Positif kembali menggelar kegiatan pelatihan. Kali ini komunitas mengajak ibu-ibu dari Desa Kedungbanteng, Desa Kalidawir, dan Desa Penatarsewu berkunjung ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Sabtu (15/12).

Bertajuk "Seminar Marketing dan Studi Banding Bersama Ibu-ibu dari Desa Kedungbanteng, Kalidawir, dan Penatarsewu," kegiatan ini mencoba memberikan wadah bagi peserta agar mampu memasarkan produknya, dimulai dari tata cara pengemasan hingga menjualnya. Acara ini sendiri digelar di ruang seminar Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur.

Kepala Seksi Pengembangan Pemasaran Bidang UMKM Diskop dan UMKM Jatim Totok Indarto memberikan apresiasi kepada peserta yang berniat meluangkan waktunya untuk mendapatkan pengetahuan mengenai marketing produk. 

"Luar biasa, ibu ini memiliki niat yang besar. Mereka datang dan membawa produk, tinggal pengetahuan mengenai pengemasan dan marketing saja harus ditempa," cetusnya.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat dua acara yang diikuti oleh peserta. Pertama adalah seminar pemasaran produk dan yang kedua mempelajari bentuk-bentuk produk UKM yang dipasarkan di Galeri UKM Dinkop Jatim.

Terlihat ibu-ibu antusias dan mengikuti penuh kegiatan tersebut. Rina, salah satu perwakilan dari Desa Kalidawir mengucapkan terima kasih kepada Sidoarjo Positif dan Lapindo Brantas atas kegiatan yang sangat bermanfaat bagi usahanya. 

"Pelatihannya lengkap, hal seperti ini yang sulit kita dapat walau sekalipun kita sudah punya produk, terima kasih untuk Sidoarjo Positif dan Lapindo Brantas," urainya.

Lapindo Brantas sendiri selaku pendukung utama kegiatan Komunitas Sidoarjo Positif mendukung penuh pemberdayaan warga melalui berbagai pelatihan positif. "Semoga dengan kegiatan ini, warga lebih tertarik untuk meningkatkan pengetahuan terkait usahanya," ujar Munajat Kholil, Public Relation Superitendent Lapindo Brantas Inc.

Kholil juga berharap agar warga mampu memanfaatkan wadah ini untuk menggerakan kapabilitas warga. "Harapan dari Lapindo agar warga bisa membuka wawasan, dan termotivasi meningkatkan produknya, dipasarkan, dan meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar area lapindo," terangnya .

Koordinator Sidoarjo Positif Vanda Ika Paramitha menjelaskan, kegiatan ini rutin dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan pelatihan pembuatan kue kering. "Sebenarnya kita telah rutin, sebelumnya kan pelatihan kue, kelanjutannya kita berikan pelatihan marketing, supaya lebih strategis," ujarnya.

Selain itu, Vanda juga mengucapkan terima kasih kepada Lapindo Brantas yang telah mendukung penuh kegiatan ini. "Terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Lapindo Brantas dan fasilitas/ilmu yang diberikan oleh Dinkopukm Jatim, ini adalah bukti bahwa Lapindo mendukung penuh pemberdayaan masyarakat di desa tersebut," pungkasnya. (cat/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...