Dinas Pertanian Pangan Blitar Sosialisasikan Pengembangan dan Peningkatan Produksi Buah Kelapa

Dinas Pertanian Pangan Blitar Sosialisasikan Pengembangan dan Peningkatan Produksi Buah Kelapa Sosialisasi diharapkan memacu semangat para petani di Desa Krejen dan Dermojayan agar terus mengembangkan perkebunannya.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sektor pertanian di Kabupaten Blitar semakin hari semakin berkembang. Tak hanya tanaman pangan, letak geografis dan iklim di Kabupaten Blitar, membuat sejumlah komodintas tumbuh subur. Salah satunya, tanaman perkebunan tahunan buah kelapa. Tumbuhan yang biasa ditemui di daerah pesisir ini juga tumbuh subur di Kabupaten Blitar.

Di sejumlah wilayah, tanaman tahunan buah kelapa bahkan menjadi penopang perekonomian warga. Ini karena tumbuhan tersebut bisa dimanfaatkan hampir semua bagiannya, dan dianggap sebagai tumbuhan serbaguna.

Selain diambil buahnya, biasanya warga Kabupaten Blitar juga memanfaatkan nira pohon kelapa untuk diolah menjadi gula merah khas Kabupaten Blitar.

Potensi inilah, yang dirasa perlu semakin dikembangkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blitar.

Demi meningkatkan pengetahuan warga serta mutu dan kualitas hasil tanaman buah kelapa, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar menggelar sosialisasi pengembangan dan peningkatan produksi tanaman perkebunan tahunan tanaman buah kelapa. Sosialisasi itu, diberikan kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani di Desa Kerjen dan Desa Dermojayan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Sosialisasi itu, juga terbuka bagi masyarakat umum yang tertarik dengan budidaya tanaman perkebunan tahunan buah kelapa.

Ir Lukas Supriyatno, Kasi Tanaman Perkebunan Tahunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar menuturkan, sosialisasi itu bertujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan para petani di Desa Kerjen dan Desa Dermojayan. Utamanya, terkait tanaman perkebunan tahunan.

Diharapkan, melalui kegiatan tersebut, ke depan, dapat memacu semangat para petani di Desa Krejen dan Dermojayan untuk terus mengembangkan perkebunannya. Sehingga para petani mendapatkan hasil perkebunan yang berkualitas. Baik dari jumlah yang melimpah, maupun mutu yang semakin meningkat. Ini secara otomatis diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

"Sosialisasi ini untuk meningkatkan wawasan kepada para petani tentang tanaman kelapa. Seperti diketahui, tanaman kelapa ini merupakan tanaman yang semua bagiannya bisa dimanfaatkan. Sehingga jika benar-benar dirawat dan dijaga, hasil perkebunan pasti meningkat dan otomatis akan meningkatkan kesejahteraan petani," ujarnya.

Dalam sosialisasi itu, selain dijelaskan cara meningkatkan kualitas tanaman kelapa, para petani juga dibekali cara menjaga populasi pohon dan penanggulangan hama kwawung.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO